Unjuk Rasa 20/10 – Tindakan 6 Anggota Tanpa Instruksi Polda

1703178p Unjuk Rasa 20/10 Tindakan 6 Anggota Tanpa Instruksi Polda
Polisi melepaskan tembakan peringatan untuk membubarkan aksi mahasiswa Universitas Bung Karno di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2010).

Kepolisian Daerah Metro Jaya sedang memeriksa enam petugas Polsek Metro Johar Baru terkait penembakan terhadap Farel, mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK), saat aksi demonstrasi Rabu (20/10/2010) di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Keenamnya diperiksa Propam Polda Metro Jaya karena mereka mendatangi lokasi demo dan menggunakan senjata tanpa instruksi dari Polda Metro Jaya.

“Saat itu kan sedang banyak kegiatan yang harus diamankan. Dan, mereka mungkin bertindak karena solidaritas. Jadi, tak ada instruksi soal penembakan,” ungkap Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman, usai membesuk Farel di RSCM, Jakarta, Kamis (21/10/2010).

Kapolda mengatakan, jumlah polisi yang terbatas dan lokasi demo memengaruhi kedatangan enam petugas itu ke Jalan Diponegoro. “Karena waktu mendesak dan jumlah anggota polisi terbatas di tengah banyaknya unjuk rasa, enam petugas Polsek Johar Baru itu datang. Apalagi, lokasi demo dekat dengan markasnya,” tutur dia.

Sesuai Protap yang mengatur pengamanan demonstrasi, polisi hanya diperbolehkan menggunakan senjata laras panjang. “Itu kayak senjata laras pendek yang diarahkan ke korban,” jelas Sutarman.

Menurut dia, keenam anggota Polsek Johar Baru saat itu membawa senjata yang melekat pada mereka secara perorangan. “Apakah keenam anggota kami bertindak indisipliner, kita tunggu hasil pemeriksaan Propam. Kami juga belum bisa mengumumkan jenis proyektil dan kaliber berapa,” tegas Sutarman.

kompas.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  KPK Selidik Korupsi Penerimaan CPNS

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*