Untuk Kali Pertama, Chrome Salip Internet Explorer

KOMPAS.com — Akhirnya Google Chrome 15 mengalahkan Internet Explorer 8 (IE8) besutan Microsoft dan menjadi browser paling populer di dunia.

Ini adalah pertama kalinya Chrome 15 mengalahkan IE8 berdasarkan penghitungan mingguan perusahaan analisis web StatCounter, Jumat (16/12/2011).

Hasil pengamatan StatCounter dari tanggal 21 hingga 27 November 2011, pangsa pasar Chrome 15 di seluruh dunia sebesar 23,63 persen, sedangkan pangsa pasar IE8 sebesar 23,5 persen. Dengan ini, Chrome unggul 0,13 persen dari IE8. Sementara Mozilla Firefox 8 menempati posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 12,12 persen.

Padahal, menurut pengamatan StatCounter pada periode 21 sampai 27 November lalu, IE8 masih menjadi browser terpopuler dengan pangsa pasar jauh di atas browser lainnya, sebesar 40,09 persen. Sementara Chrome menyumbang 26,31 persen, diikuti Firefox di angka 25,07 persen.

Mengenai peningkatan pengguna Chrome tersebut, Chief Executive StatCounter Aodhan Cullen mengatakan, saat ini memang banyak pelaku bisnis yang beralih menggunakan Chrome versi 15.

Meskipun Chrome saat ini berada di atas angin, prestasi Internet Explorer versi-versi sebelumnya tidak bisa dilupakan begitu saja. Internet Explorer masih lebih populer secara keseluruhan jika dihitung dari versi sebelumnya, seperti IE 6, 7, 8, dan 9. Di Amerika Serikat, IE 8 menjadi browser terpopuler dibandingkan dengan Chrome 15. Sementara di Inggris, Chrome 15 yang lebih populer.

Baca Juga :  Jawa Barat Bangun Pusat Internet Exchange
Sumber :
PCWorld
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*