Usaha Kecil yang Dihormati Bisa Berjaya

Bupati Padanglawas (Palas) H Ali Sutan Harahap
Bupati Padanglawas (Palas) H Ali Sutan Harahap

Bupati Padanglawas (Palas) H Ali Sutan Harahap mengatakan usaha kecil yang dihormati bisa berjaya. Sebab, kunci kesuksesan itu hanya satu yaitu besar kecilnya usaha harus tetap dihargai, tanpa dihormati tidak akan berhasil.
“Banyak contoh usaha yang begitu besar dan jaya, kalau tidak dihormati akan mendatangkan kehancuran,” kata H Ali Sutan Harahap, pada saat pertemuan dengan 30 Kelompok Usaha Bersama (Kube) penerima bantuan masing-masing sebesar Rp 20 juta per kelompok pada tahun 2017, bertempat di pendopo rumah dinas bupati, Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Selasa (21/3).

“Usaha kecil yang dihormati bisa berjaya. Langkah ke depan hormatilah usaha yang dikerjakan. Misalnya, petani sawah kalau yakin dan menghormati jerih usahanya, tentu akan mendatangkan hasil yang baik,” tegas bupati.

Bupati juga berpesan, agar dalam pengelolaan Kube yang bersumber dari program Kemensos tersebut, para pengurus hendaknya dapat membangun kebersamaan. “Mufakat dan bermusyawarah, adalah langkah yang tepat untuk menjalankan usaha, sehingga usahanya dapat terus berkembang pesat,” pesannya.

Pada kesempatan itu, Bupati Palas juga menyampaikan, atas nama pemerintah daerah, pihaknya terus mengharapkan perhatian dari pemerintah pusat, untuk dapat menambah kuota bantuan Kube ke daerah ini dalam upaya pengentasan kemiskinan di masyarakat, khususnya masyarakat di perdesaan.

Sementara, Kadis Sosial Palas Bustami Harahap mengatakan, Bimtek pengolahan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) jenis KUBE ini, merupakan program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengentaskan kemiskinan.

Baca Juga :  02 Desember 2009, Bupati Tapsel akan Terima Upakarti dari Presiden

“Sebelumnya pihak Kemensos RI telah mengucurkan bantuan Kube kepada 60 kelompok, Rutilahu 60 unit, sarana lingkungan 1 unit, bantuan siaga bencana, dapur umum, sepeda motor dan mobil rescue,” katanya.

“Di tahun 2017 ini, sebanyak 30 kelompok menerima bantuan Kube dengan nilai perkelompok sebesar Rp 20 juta. Harapannya bantuan program Kube ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di tingkat perdesaan dan penyalurannya bisa tepat sasaran yakni menyentuh langsung kepada masyarakat miskin,” tegasnya.

Sedangkan perwakilan dari Kemensos RI Charles Purnama Siregar dari Direktorat Penanganan Fakir Miskin Perdesaan mengatakan, bantuan Kube sebesar Rp 20 juta perkelompok ini bisa digunakan dengan sebaik-baiknya.

“Kita berkomitmen, dari tahun ke tahun dapat menyalurkan bantuan untuk tujuan membantu masyarakat. Cukup jelas alokasi Kemensos RI dari tahun ke tahun, karena sasarannya masyarakat perdesaan. Dengan adanya bantuan ini kiranya kita bisa menuntaskan persoalan kemiskinan di daerah, khususnya Kabupaten Palas,” katanya. (maulana syafii)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 2 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*