Usaha peternakan di Palas suram

www.waspada.co.id

HUTARAJA TINGGI – Para peternak di kabupaten Padang Lawas hingga kini masih terabaikan, meskipun berpotensi besar untuk pengembangan agribisnis peternakan.

Beberapa peternak di daerah itu seperti, Abdul Halim Hasibuan, mengemukakan upaya peningkatan usaha peternakan tidak terlepas dari dukungan modal, selain bantuan teknis dari pemerintah melalui instansi terkait.

Padahal, menurutnya, selama ini Padang Lawas terkenal sebagai lumbung ternak di Sumatera Utara, tetapi sejak daerah itu dikuasai perusahaan perkebunan, padang penggembalaan semakin berkurang, usaha peternakan pun berangsur menurun.

Melihat kondisi itu, koordinator kelompok tani, Pandapotan Siregar, dan pengurus PC NU Kabupaten Padang Lawas, Indra Utama, mengajukan permohonan bantuan kerjasama ke PT Pertamina sebagai upaya peningkatan usaha peternakan di Hutarajatinggi.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Padang Lawas, Abu Bakari, menyambut baik upaya itu yang dinilainya positif dan patut didukung dengan kondisi topografi daerah benar-benar mendukung  pengembangan agribisnis peternakan.

“Dengan bimbingan dan pelatihan peternakan, maka upaya peningkatan produksi peternakan akan tercapai. Apalagi didukung oleh potensi ketersediaan pakan ternak, termasuk pemanfaatan limbah pabrik kelapa sawit, atau pemanfaatan pelepah sawit di kelola menjadi pakan ternak,” katanya.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kenderaan Lokal Padangsidimpuan Harus Dilestarikan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*