Usai Abu Vulkanik, Sekarang Asap Kuasai Medan

Efek bencana lingkungan terus melanda Medan, Sumatera Utara (Sumut). Belum selesai hujan abu vulkanik, sekarang kabut asap melanda kota tersebut.

Pada Minggu (12/10/2014) kabut asap itu merata terlihat di seluruh kawasan di Medan. Namun jarak pandang masih cukup aman.

“Dari kemarin sebenarnya sudah terlihat kabut asap, tapi masih tipis. Tapi hari ini makin tebal kabut asapnya,” kata Lala, salah seorang warga.

Selain Medan, sejumlah daerah lain juga dilanda kabut asap ini. Antara lain Deli Serdang, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Selatan, serta Kota Padangsidimpuan dan Siantar.

Kabut asap ini bersumber dari kebakaran hutan yang terjadi di Sumatera. Berdasarkan data pantauan satelit Terra dan Aqua dari BMKG sekitar pukul 05.00 WIB, di Sumatera terdapat 153 titik panas atau hotspot. Dari jumlah itu, sebanyak 144 ada di Sumatera Selatan, Riau 3, Jambi 3, Kepulauan Riau 2 dan Aceh 1.

Kabut asap yang melanda Medan, masih berpeluang bercampur dengan abu vulkanik Gunung Sinabung. Gunung yang berada di Kabupaten Karo tersebut masih terus erupsi hingga hari ini. Tiga hari terakhir abu letusannya menyebar ke beberapa daerah, termasuk Medan. [Detik]

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kabupaten/Kota Di Sumut Tak Ada Yang Berprestasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*