USU minta klarifikasi pernyataan Pemko P. Sidimpuan

Monday, 09 November 2009 10:46 – www.usu.ac.id

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Universitas Sumatera Utara (USU) minta Pemerintah Kota (Pemko) Padang Sidempuan agar mengklarifikasi pernyataan yang menyebutkan bahwa USU sering membuat kesalahan dalam menyeleksi ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pembantu Rektor (PR) IV USU, Sukaria Sinulingga, malam ini, mengatakan, pihaknya sangat keberatan dengan pernyataan Sekdakota Padangsidempuan, Sarmadan Hasibuan, yang dilansir salah satu surat kabar harian di Medan. Dalam pemberitaan tersebut Sarmadan mengatakan Pemko Padangsidempuan tidak menjalin kerjasama dengan USU dalam hal seleksi penerimaan CPNS, dengan alasan perguruan tinggi negeri itu sering menimbulkan kesalahan pada penerimaan CPNS sebelumnya.

“Kami sangat keberatan dengan pernyataan tersebut apalagi mengatakan USU sering membuat kesalahan pada seleksi penerimaan CPNS. Untuk itu kami minta mereka untuk mengklarifikasi pernyataan itu karena telah mencemarkan nama baik USU di mata masyarakat”, katanya. Dikatakan, berdasarkan catatan yang ada padanya, bahwa sampai saat pihaknya belum pernah menjalin kerjasama dengan Pemko Padangsidempuan dalam hal seleksi penerimaan CPNS. USU telah empat kali menjalin kerjasama dengan berbagai daerah dalam hal seleksi penerimaan CPNS. Formasi penerimaan CPNS tahun 2008 ada sekitar 19 kabupaten/kota yang menjalin kerjasasama dengan USU.

“Sampai sekarang belum pernah Pemko Padang Sidempuan menjalin kerjasama dengan kami, jadi dari mana alasan Sekda Padangsidempuan mengatakan kami sering membuat kesalahan,” katanya. Dekan Fakultas Hukum, Runtung Sitepu, mengatakan, pihaknya masih beritikad baik untuk tidak membawa hal ini dalam persoalan hukum meski nama baik USU telah dicemarkan. “Kami cuma minta mereka hanya mengklarifikasi pernyataan tersebut. Kalau ini tidak mereka perhatikan, kita akan pertimbangkan langkah selanjutnya apakah akan ditempuh jalur hukum atau cara lainnya,” katanya.

Sebelumnya, salah satu surat kabar harian di Medan, Kamis, (5/11) memberitakan, Pemko Padangsidempuan memilih menjalin kerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa tengah pada penerimaan CPNS untuk formasi tahun 2009. Sekdakota Padangsidempuan, Sarmadan Hasibuan, menyebutkan bahwa Pemko Padangsidempuan tidak menjalin kerjasama dengan USU karena sering menimbulkan kesalahan pada penerimaan CPNS sebelumnya.

Bahkan, disebutkan Pemko Padangsidempuan bukan berniat melawan instruksi gubernur Sumut untuk bekerjasama dengan USU, tetapi langkah itu diambil dengan dasar berbagai pertimbangan. Apalagi tidak ada larangan untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi negeri manapun selain USU. (hr Waspada)

Sekda Kota P Sidimpuan H Sarmadan Hasibuan: Tidak Ada Niat Untuk Mencemarkan Nama Baik USU

www.hariansib.com – November 11th, 2009

Padangsidimpuan (SIB)

Sekda Kota Padangsidimpuan H Sarmadan Hasibuan SH MM, Selasa (10/11) di ruang kerjanya mengatakan, tidak ada niat sedikit pun untuk mencemarkan nama baik USU. Karenanya kalau ada pemberitaan di media terbitan Medan menyangkut formasi CPNS Pemko Padangsidimpuan yang kurang berkenan bagi keluarga besar USU, Sarmadan selaku alumni Fakultas Hukum USU mohon maaf kepada keluarga besar USU Medan.

“Saya tidak pernah mengucapkan USU sering menimbulkan kesalahan dalam penerimaan CPNS sebelumnya, karena pada tahun 2007 dan 2008 Pemko P Sidimpuan tidak menerima pelamaran CPNS. Jadi kalau dalam penerimaan CPNS formasi tahun 2009 oleh Pemko Padangsidimpuan menjalin kerjasama dengan Universitas Sebelas Maret, secara jujur dan dalam lubuk hati yang dalam saya tidak bermaksud menjelekkan USU. Bagaimana Pemko P Sidimpuan disebut ‘pisah’ dengan USU, sedangkan kerjasama dalam penerimaan CPNS saja belum pernah, karena pada tahun 2007 dan 2008 saja Pemko P Sidimpuan tidak menerima pelamar CPNS,” ujar Sarmadan.

Sarmadan mengatakan, dalam temu pers (3/11) ada kalimat kerap menimbulkan masalah pada penerimaan sebelumnya, itu bukan bermaksud menjelekkan USU. Karenanya, jika kalimat tersebut telah menyakiti hati masyarakat khususnya keluarga besar USU saya menarik kembali kalimat tersebut, dan meminta maaf kepada seluruh Civitas Akademi dan Alumni USU serta masyarakat.

Sebagai alumni fakultas hukum, saya meminta maaf kepada Rektor USU Prof Chaeruddin P Lubis, para pembantu rektor, dekan, seluruh kalangan rektorat, civitas dan alumni USU serta seluruh masyarakat.

Saya sangat menghormati USU, dan tetap cinta terhadap USU sebagai Universitas kebanggaan masyarakat dan pemerintah Sumut ini karena saya bisa jadi pejabat karir tertinggi di Pemko Padangsidimpuan tidak terlepas dari binaan USU Medan,” ujar Sarmadan.

Secara terpisah Ketua DPRD Padangsidimpuan H Aswar Syamsi SE mengatakan bahwa dalam temu pers di Gedung DPRD Padangsidimpuan 3 Nopember lalu tentang penerimaan CPNS Pemko Padangsidimpuan formasi 2009, Sekda Kota Padangsidimpuan H Sarmadan Hasibuan SH MM tidak ada menjelekkan USU dengan mengatakan pisah dengan USU. “Mana mungkin Sarmadan sebagai alumni USU mau menjelek-jelekkan USU,” ujar Syamsi. (T8/q)

Link: https://apakabarsidimpuan.com/2009/11/usu-minta-klarifikasi-pernyataan-pemko-p-sidimpuan/

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google USU minta klarifikasi pernyataan Pemko P. Sidimpuanfacebook USU minta klarifikasi pernyataan Pemko P. Sidimpuantwitter USU minta klarifikasi pernyataan Pemko P. Sidimpuanlinkedin USU minta klarifikasi pernyataan Pemko P. Sidimpuanemail USU minta klarifikasi pernyataan Pemko P. Sidimpuanprint USU minta klarifikasi pernyataan Pemko P. Sidimpuan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*