Valas – Rupiah Masih Lemas

3020978p Valas Rupiah Masih Lemas
Petugas menghitung mata uang dollar AS di gerai pertukaran valuta asing di Plaza Mandiri, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis (29/4/2010) sore merosot 25 poin dibanding sesi sebelumnya karena pelaku makin agresif melepas rupiah.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS turun menjadi Rp 9.025-Rp 9.035 per dollar AS dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 9.000-Rp 9.010.

Analis PT Valbury Asia Securities, Krisna Dwi Setiawan di Jakarta, Kamis mengatakan, pelaku pasar mengindahkan adanya faktor positif dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yang positif. Mereka cenderung melepas rupiah untuk merealisasikan keuntungan. “Namun pelepasan rupiah cenderung belum besar, karena faktor positif di pasar uang masih tetap ada untuk mendorong rupiah kembali menguat,” katanya.

Rupiah, menurut dia memang berpeluang untuk bisa kembali berada di bawah level 9.000, dengan masih aktifnya pelaku asing bermain di pasar domestik. Mereka menukarkan dolarnya untuk membeli rupiah yang akan ditempatkan di instrumen Bank Indonesia maupun obligasi pemerintah.

BI, lanjut dia memang berada di pasar menjaga pergerakan rupiah, namun berapa lama otoritas moneter itu berada di pasar, apabila tekanan positif terhadap rupiah makin menguat, kemungkinan BI akan melepasnya terserah pasar. “Karena itu peluang rupiah untuk kembali menguat sangat besar hanya tinggal menunggu waktu saja,” katanya.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Golkar Akan Habis-habisan Bela Nurdin

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*