VIDEO Penonton Malaysia Hina Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta – Persaingan tim nasional sepak bola Indonesia dan Malaysia selalu berlangsung sengit, termasuk dalam Piala AFF di Kuala Lumpur pekan ini. Ketika Malaysia ditekuk Singapura 0-3 pada pertandingan Ahad, 25 November 2012, pendukung tuan rumah malah mengejek Indonesia. Video yang diunggah Indosportnews di situs YouTube pada 27 November 2012 memperlihatkan betapa provokatifnya pendukung Malaysia. Lihat tayangannya di bawah.

Tayangan berdurasi 1 menit 48 menit itu berjudul “Malaysia Injak Harga Diri Indonesia di Bukit Jalil”. Pengunggah video memberi catatan, “Yel-yel ”tiruan” yang diteriakkan pendukung garis keras Timnas Malaysia bakal membuat kuping Anda panas.” Yel tersebut diteriakkan pendukung garis keras, Ultras Malaysia.

Tim Indonesia akan menghadapi Malaysia pada Sabtu, 1 Desember 2012 besok. Pertandingan penentu ini diprediksi akan berlangsung panas, di dalam maupun luar lapangan. Insiden pemukulan supporter Indonesia yang juga ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Sagir Alva, dan beberapa penonton Indonesia semakin memanaskan suasana.

KNPI Cabang Malaysia mendesak Panitia Pelaksana AFF Suzuki 2012 dan Asosiasi Sepak Bola Malaysia (Football Association of Malaysia/FAM) menjamin keamanan suporter yang memberi dukungan kepada timnya masing-masing. Jika tidak, KNPI minta agar tempat pertandingan dipindahkan ke negara lain. “Jika tidak, pertandingan harus ditunda sampai suasana kondusif, atau dipindah ke negara lain, atau pertandingan dilakukan tanpa suporter kedua tim,” kata Sekretaris Jenderal KNPI di Malaysia, Tengku Adnan, kepada Tempo, Jumat, 30 September 2012.

Baca Juga :  RSU Padangsidimpuan Jadi Primadona PAD

Pertandingan pertama saat Indonesia melawan Laos, 25 November lalu. Sebanyak 15 anggota Bonek dan LA Mania menjadi bulan-bulanan Ultras Malaysia. Sedangkan pada saat Indonesia melawan Singapura, beberapa suporter Indonesia, termasuk Sagir Alva dan bendaharanya Dian Saputra Sembiring, kembali menjadi korban pengeroyokan suporter tuan rumah.

Adnan meminta seluruh pendukung Timnas Garuda di Malaysia tetap tenang dan tidak terprovokasi. “Sebagai bangsa beradab, saya yakin pendukung Timnas Indonesia tetap menjaga nilai sportivitas olahraga,” ucap Adnan.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

5 Komentar

  1. melaysia itu anjing

    malaysia anjing” anjing” malaysia itu anjing” persis anjing beneran anjing luh malaysia beraninz di kandang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*