Video Piala Dunia Catat Rekor “Streaming Online”

Suporter menonton jalannya pertandingan Jerman melawan Portugal di layar lebar di Pantai Copacabana di Rio de Janeiro, 16 Juni 2014.

Pertandingan Piala Dunia pada Kamis pekan lalu (26/6/2014) antara Amerika Serikat versus Jerman yang bersamaan dengan pertandingan Ghana versus Portugal ternyata mendapat perhatian lebih dari pencinta sepak bola yang menonton pertandingan secara online karena kedua pertandingan itu memecahkan rekor baru untuk lalu lintas streaming video.

Kedua pertandingan itu membuat lalu lintas internet meningkat 6,8 terabit per detik untuk streaming video, menurut Akamai Technologies, yang membantu mendistribusikan video online dan bekerja sama dengan lebih dari 50 pemegang hak siar online Piala Dunia 2014.

Menurut Juru Bicara Akamai Technologie, Chris Nicholson, angka tersebut mencatatkan rekor baru konsumsi live streaming video tertinggi untuk acara olahraga.

“Pertandingan ini menjadi acara live terbesar yang disampaikan dengan platform Akamai,” kata Nicholson, seperti dikutip dari Associated Press.

Tidak seperti Piala Dunia sebelumnya, Piala Dunia tahun ini mulai banyak disaksikan secara online. Sejumlah operator telekomunikasi, termasuk di Indonesia, menilai harus memperkuat kapasitas dan memperluas jangkauan jaringannya demi menyambut Piala Dunia 2014.

Direktur Jaringan Telkomsel Abdus Somad meyakini bahwa momentum Piala Dunia tahun ini banyak dinikmati dari perangkat mobile dan diakses secara online. “Kami menyediakan aplikasi khusus Bola Samba dan meningkatkan kapasitas jaringan,” ujar Abdus beberapa waktu lalu saat menguji jaringan sepanjang jalur mudik Jakarta-Surabaya.

Baca Juga :  Berbicara dengan Google

Selain itu, banyak pula pencinta bola yang memanfaatkan media sosial untuk berbagi gagasan mengenai Piala Dunia, atau bahkan menyaksikan berlangsungnya pertandingan melalui lini masa di Twitter.

Bahkan, beberapa kali kata “WorldCup” menjadi topik yang paling ramai diperbincangkan (trending topic) di Facebook dan Twitter.

Sumber: KOMPAS.com —
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*