Virus MERS, Pahami Gejala dan Penyebarannya

Perbincangan wabah virus MERS belakangan ini telah merebak. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya virus MERS itu?

MERS merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini disebabkan oleh MERS coronavirus (mer-Cov). Virus mematikan ini menyebabkan sindrom pernapasan akut parah dan sangat berbahaya bagi manusia.

Dilansir dari Newsweek, adapun gejala yang ditimbulkan virus ini, antara lain flu biasa, termasuk demam, batuk dan sesak napas. MERS juga dapat mempengaruhi sistem pernapasan atas dan juga dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare, mual dan muntah.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, virus MERS menyebar melalui hubungan kontak langsung dengan orang yang terlebih dahulu terinfeksi virus ini. Selain itu, MERS juga dapat menyebar melalui sekresi pernapasan.

Sementara itu, lembaga kesehatan Amerika Serikat tersebut juga menyampaikan bahwa hingga saat ini belum ditemukan penawar dari virus tersebut. Jadi, yang perlu dilakukan adalah tetap menjaga sistem kekebalan tubuh.

Di samping itu, kebanyakan korban yang terinfeksi MERS meninggal karena komplikasi dan mengganggu sistem kekebalan tubuhnya. Komplikasi itu diantaranya, penyakit diabetes, kanker, penyakit jantung, masalah paru-paru atau ginjal dan HIV atau masalah lain yang membuat tubuh jadi lemah.


Analisadaily

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Diet Turun 5-7KG Seminggu Dengan Sup Pembakar Lemak

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*