Visit Samosir Year 2014-2015 – Samosir Diharap Jadi Objek Wisata Ternama

Danau+toba1 Visit Samosir Year 2014 2015 Samosir Diharap Jadi Objek Wisata TernamaMEDAN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Mari Elka Pangestu berharap Samosir yang disebut sebagai “Negeri Indah Kepingan Surga” itu akan semakin menjadi objek wisata ternama dunia dengan gerakan Visit Samosir Year.

“Program visit atau kunjungan dilakukan untuk menggalang semua kekuatan  dalam mendorong pariwisata. Mudah-mudahan dengan langkah itu, Samosir yang indah benar-benar menjadi impian wisatawan,’ katanya di Medan, Kamis.

Dia mengatakan itu usai menandatangani Prasasti Visit Samosir Year 2014-2015 .

Menurut dia,  industri kreatif di Samosir sudah berkembang cukup baik seperti  pengembangan modifikasi salah satu warisan budaya yakni  kain ulos menjadi pakaian dan hasil kerajinan lainnya, tetapi perlu terus dikembangkan lebih maksimal lagi.

Pengembangan ekonomi kreatif, kata Mari Elka,  sangat perlu untuk mendukung Visit Samosir Year 2014 – 2015.

“Kuliner juga harus menjadi salah satu yang perlu mendapat perhatian karena sektor itu juga menjadi andalan daerah wisata,”katanya.

Dia menegaskan, upaya-upaya yang  mendukung Danau Toba menjadi lokasi Geopark (taman bumi) seperti akan dibangun etalase untuk menjelaskan tentang Geopark dan warisan budaya yang ada di Samosir bisa mendukung  perkembangan kepariwisataan Samosir.

Nantinya, kegiatan apapun yang dilakukan di Geopark harus konservasi dan bertanggung jawab sehingga  akan dilakukan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat agar bertindak sesuai dengan Geopark.

“Untuk program kawasan strategis Geopark ini, Pemerintah Pusat sudah menyediakan anggaran sekitar Rp5 miliar untuk etalase Geopark,” kata menteri.

Baca Juga :  Massa AMPP Desak Kejatisu Selasaikan Kasus Rahudman

Bupati Samosir,  Mangindar Simbolon mengungkapkan wilayahnya diharapkan menjadi ikon pariwisata yang mendunia.

Untuk itu, Pemkab Samosir, sedang berbenah untuk mewujudkan target tersebut dan diharapkan semua pemangku kepentingan dan masyarakat mendukung industri pariwisata.

Melalui Visit Samosir Year, Pemkab Samosir berharap, jumlah wisatawan yang berkunjung terus naik dari sekitar 200 ribu orang per bulan selama ini.

“Tercapai angka 360.000 orang per bulan saja sudah menyenangkan,”katanya.

Dewasa ini, kata dia, jumlah wisatawan terbanyak atau 65 persen masih wisatawan lokal dan nusantara dan 35 persen asing.

“Mudah-mudahan tamu nusantara dan asing sama-sama naik tahun ini dan seterusnya,”katanya.
Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Solahuddin Nasution mengungkapkan perlu promisi gencar untuk meningkatkan jumlah wisatawan.

Dia menegaskan, dalam berpromosi, kurang efektif apabila dilakukan secara sendiri-sendiri sehingga harus ada kerja sama antara pemerintah kabupaten /kota, pemprov dan pelaku pariwisata.

Waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*