Wakil Ketua DPRD Madina: Sekda Harus Punya Kemampuan

Wakil ketua DPRD Mandailing Natal (Madina), Fahrizal Efendi Nasution, SH menyatakan, Sekretaris Daerah (Sekda) harus punya kemampuan dan pengalaman di bidang kesekretariatan. Sehingga mampu membantu kepala daerah dalam menyusun

kebijakan dan mengkordinasikan dinas dengan lembaga teknis dalam meujudkan visi dan misi pemerintah daerah.

Demikian Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Fahrizal Efendi Nasution SH juga Ketua DPC Partai Hanura di Gedung DPRD Madina, Jumat (3/9) petang.

Menurut Fahrizal Efendi Nasution Gozali Pulungan, rekomendasi Bupati Mandailing Natal (Madina) H Amru Daulay SH menjadi calon Sekretaris Daerah menjadi pilihan tepat demi menyambung tugas kesekretariatan Pemda Madina dalam membantu kepala daerah menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

Penuhi Persyaratan

Sekretaris Daerah diangkat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi persyaratan karena kedudukannya sebagai pembina PNS di daerahnya selayaknya diberikan kepada orang-orang yang mempunyai wawasan serta dinilai mampu. Juga tidak pernah mendapat masalah dalam birokrasi. Yang telah menduduki jabatan di Bawasda, Bappeda, Asisten Pemerintahan.

Menurutnya, DP3 (daftar penilaian prestasi kerja) yang telah direkomendasikan oleh Bupati Madina ke Gubernur selayaknya menjadi penilaian dari rangkaian persyaratan administratif serta wawasan kebangsaaan yang dimiliki.

“Jabatan Sekda itu jabatan karier tertinggi seorang birokrat. Jadi, patut kita dukung dan bersyukur karena putra terbaik Madina, Drs Gozali Pulungan SH MM bisa mendapat jabatan penting ini jika dianggap mampu,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kades Hutagodang Muda Diperiksa - Polda Sumut Minta Masyarakat Madina Tenang

Menurutnya, tugas Sekda tidaklah mudah. Salah satunya, menyiapkan pejabat untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati dan wakil bupati seiring rencana agenda Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) yang bakal digelar dalam tahun 2011.

“Untuk menjalankan roda pembangunan dan pemerintahan tetap jalan saat proses Pemilukada berlangsung hingga ada kepala daerah terpilih tugas-tugas penting yang akan di emban oleh salah seorang pembantu kepala daerah harus orang yang energik dan pekerja,” katanya.

Pimpinan dewan ini berharap, dukungan dari berbagai elemen untuk memberikan support terhadap putra daerah untuk menduduki karir tertinggi sebagai seorang birokrat, apalagi telah melihat kinerjanya selama dua tahun terakhir, sukses menjadi koordinator eksekutif dalam pembahasan RAPBD Tahun 2011 serta menjadi ketua tim pemekaran Pantai Barat Madina yang saat ini masih dalam tahap proses di DPRD Provinsi.

” Tidak semua orang mempunyai penilaian yang sama terhadap seseorang itu, sebab kesempurnaan tidak terdapat pada manusia. Padahal dari segi kelayakan dan kepatutan dari eselon II lainnya sudah sama-sama ketahui DP3nya dan persyaratan yang harus di penuhi secara kediklatan dan wawasan,” sebutkannya.

Kadis Kehutanan Madina, Drs Gozali Pulungan SH MM mengatakan, jika amanah diberikan gubernur menjadi setda secara deveitif dalam menjalankan roda pemerintahan, dia akan pegang teguh pelaksanaannya.

Sumber: http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=68044:wakil-ketua-dprd-madina-sekda-harus-punya-kemampuan&catid=51:umum&Itemid=31

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  LSM AMPPERA: Kami Prihatin Terhadap Kondisi Palas Dibawah Kepemimpinan TSO

3 Komentar

  1. Memang harus ada kemampuan kalau mau jadi sekda,,,,jangan cuma jadi bere2 bupati
    (tukang mangalap sigaret)……istilah orang sidimpuan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*