Waktu Pelaksanaan PEMILUKADA ULANG di MADINA Belum Jelas…!

Hingga saat ini, pemungutan suara ulang di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) belum jelas kapan bakal digelar kembali. Padahal, Mahkamah Konstitusi (MK) sudah menetapkan bahwa pemungutan suara di Madina mesti diulang, terkait dengan adanya money politic.

“Kita masih menunggu regulasi dari KPU Pusat terkait pelaksanaan pemungutan suara ulang di Madina,” kata Ketua KPU Sumut, Irham Buana Nasution, kepada Sumut Pos (grup METRO TABAGSEL), Rabu (14/7).

Irham menambahkan, KPU Sumut telah melakukan pertemuan dengan KPU Pusat terkait pelaksanaan pemungutan suara ulang di Madina. Namun, hingga saat ini belum ada keputusan KPU Pusat terkait regulasi tentang pelaksanaannya.

“Kita masih menunggu petunjuk KPU Pusat soal pemungutan suara ulang di Madina. Pasalnya perlu regulasi baru soal pelaksanaanya. Dan hal itu sepenuhnya adalah wewenang KPU Pusat,” ucapnya.

Irham menjelaskan lagi, selain regulasi dari KPU Pusat, KPU Sumut sebagai pihak penyelenggara melalui KPU Madina sebenarnya masih mempertimbangkan beberapa aspek sebelum menentukan soal kapan dilaksanakannya pemungutan suara ulang.

Aspek yang menjadi pertimbangan tersebut, lanjutnya, adalah sosial-politik di Madina pasca putusan MK beberapa waktu lalu. Kemudian aspek yang juga sangat urgen adalah soal masalah ketersediaan dana penyelenggaraannya.

Dikatakan Irham, terkait masalah pembiayaan, KPU Sumut sebagai lembaga di atas KPU Madina sebenarnya telah melakukan pertemuan formal dengan Pemprovsu terkait masalah pembiayaan pemungutan ulang tersebut.

Baca Juga :  Satuan Pergerakan Mahasiswa Padang Lawas (SPM Palas): Copot Kepala Bappeda Palas

“Kita dalam waktu dekat akan menggelar forum bersama untuk mencari solusi soal pilkada ulang di Madina. Forum bersama tersebut nantinya terdiri dari KPUD Madina, KPU Sumut, Pemkab Madina dan Pemprovsu. Sehingga kita harapkan masalah pilkada ulang tersebut dapat segera dilaksanakan,” terangnya.

Sumber: http://metrosiantar.com/Metro_Tabagsel/Tak_Jelas_Pemungutan_Suara_Ulang_di_Madina_

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*