Wali Kota Resmikan Sarana Yankes

Wali kota meresmikan sarana pelayanan kesehatan di Puskesmas Pelabuhan Sambas, Kota Sibolga, Selasa (25/1). Pada tahun 2010, Pemko Sibolga telah menyelesaikan pembangunan beberapa unit sarana yankes antara lain, perluasan Puskesmas Pelabuhan Sambas, rehabilitasi total rumah dokter, pembangunan Pos Kesehatan Kelurahan di Panomboman, pembangunan Pos Kesehatan Kelurahan di Aek Parombunan.

Pembangunan kesehatan dimaksud dilaksanakan secara komprehensif dan berkesinambungan melalui upaya peningkatan manajemen sumber daya manusia, sarana dan prasarana, pembiayaan dengan mengutamakan pemberdayaan dan kemandirian masyarakat secara adil dan merata khususnya pada penduduk rentan yang meliputi ibu, bayi, anak, lanjut usia dan keluarga miskin,” kata Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk.

Dia menyebutkan, dana pembangunan sarana yankes itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan dan Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Kota Sibolga tahun 2010.

Ia berharap, dibangunnya sarana pelayanan kesehatan itu dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkeadilan. Sehingga pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat dapat terjangkau secara keseluruhan. “Untuk itu, kepada seluruh petugas kesehatan dapat memanfaatkan, menjaga dan memelihara sarana ini serta meingkatkan kinerja dan tanggung-jawabanya dalam melayani masyarakat. Kemudian, perangkat kecamatan dan kelurahan agar lebih meningkatkan kerjasamanya dalam mendukung terwujudnya masyarakat yang sehat, mandiri dan berkeadilan,” tegas wali kota.

Pelayanan kesehatan bagi kaum ibu yang akan melahirkan secara normal, kata wali kota, sudah bisa dilakukan di puskesmas serta tidak dikutip biaya, kecuali melakukan operasi caesar. “Walaupun pelayanan kesehatan dalam hal melahirkan di puskesmas dilakukan secara gratis, tentunya kami mengimbau kepada masyarakat agar mengatur angka kelahiran anak,” imbuh wali kota.
Sebelumnya, Kadinkes Kota Sibolga M Yusuf Batubara SKM, dalam laporannya mengatakan, pembangunan sarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat sesuai dengan Perda Kota Sibolga Nomor 1 Tahun 2010 tentang APBD dan Peraturan Walikota Sibolga Nomor 903/08/2010 tentang Penjabaran APBD tahun Anggaran 2010.

Baca Juga :  Photo Ekslusive Tribun Medan: Kebakaran Pajak USU Medan Hanguskan 120 Kios

Usai penyampaian kata sambutan, wali kota kemudian meresmikan penggunaan sarana pelayanan kesehatan dan ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Kota Sibolga Ny Dra Hj Delmeria Syarfi Hutauruk.(MetroSiantar)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*