Walikota Medan kebal hukum

MEDAN – Walikota Medan, Rahudman Harahap kebal hukum karena sampai saat ini belum menjalani pemeriksaan terhadap dugaan kasus korupsi yang menjeratnya. Dalam kasus penyiraman soda api terhadap Masfar Sikumbang, seorang PNS Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), Rahudman juga bersih dari kasus tersebut.

Dalam kasus dugaan korupsi dana Tunjangan Pendapatan Aparatur Perangkat Desa (TPAPD) Tapsel tahun 2005 senilai Rp1,5 miliar dan kasus APBD Pemkab Tapsel senilai Rp13,8 miliar yang ditangani Kejatisu, Rahudman telah ditetapkan sebagai tersangka namun sampai saat ini belum diperiksa oleh Kejati Sumut.

Begitu juga dalam kasus Masfar, Walikota Medan ini tetap ‘goyang kaki’ karena tidak terlibat sedikitpun tentang hal ini baik menjadi saksi apalagi tersangka.

Melihat kenyataan ini, sejumlah elemen di Sumut banyak yang memprotes dengan menggelar unjuk rasa dan mengeluarkan statemen mengkritisi penegak hukum yang menangani kaksus Rahudman ini. “Saya kira Rahudman kebal hukum karena mandapat perlindungan dari penegak hukum sehingga selalu bersih dan lamban dari jeratan hukum,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Independen Pemerhati Pembangunan Sumatera Utara, Azhari Sinik, kepada Waspada Online pagi ini.

Sinik sangat menyesalkan kinerja lembaga hukum yang menganai kasus Rahudman Harahap yang tidak pernah berpihak kepada penegakan hukum yang diinginkan masayarakat sehingga terkesan Walikota Medan tersebut kabal hukum.

Beberepa elemen mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Medan (KAMMED) juga pernah berunjuk rasa di Kantor Kejatisu yang meminta agar Rahudman Harahap segera ditangkap klarean tidak ada alasan lagi untuk tidak memeriksa matan Sekda Tapsel tersebut. “Tidak ada alasan tidak memproses penyidikannya. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai masyarakat intelketual untuk secara zohir memantau dan menyikapi permasalahan yang dapat merugikan Negara,” ungkap Agus Umri yang menjadi koordinator aksi demo pada waktu itu.

Baca Juga :  Kejagung Kembalikan Surat Izin Pemeriksaan Walikota Medan

Waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*