Walikota Padangsidimpuan Pergi, Perekrutan CPNS Telantar

Selasa, 27 Oktober 2009 – www.metrosiantar.com

Wali Kota Padangsidimpuan, Zulkarnaen Nasution

LAIN halnya di Kota Padangsidimpuan. Sejumlah pelamar mengaku kecewa atas sikap Wali Kota Padangsidimpuan, Zulkarnaen Nasution, yang belum mengumumkan berapa banyak CPNS yang dibutuhkan. Akibatnya beredar isu, pejabat di Pemko Padangsidimpuan berniat memanipulasi data CPNS.

Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ibrahimsyah Nasution, Senin (26/10) mengatakan, mengingat minat masyarakat untuk bisa menjadi PNS sangat tinggi, tidak seharusnya BKD Padangsidimpuan memperlambat pengumuman penerimaan CPNS, sekalipun masih ada waktu yang diberikan yakni hingga 13 November mendatang.

“Jika saja sudah diketahui dari sekarang jurusan apa saja yang diterima dan kualifikasi pendidikan yang bagaimana yang bisa melamar, maka setidaknya para pelamar sudah bisa memperkirakan dan mempersiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan,” katanya.

Untuk itulah Ibrahim Nasution meminta BKD Padangsidimpuan mengumumkan perekrutan CPNS dengan jelas. Sebab, ada kesimpang-siuran di tengah masyarakat, apakah berkas lamaran dikirim ke kantor pos atau langsung ke BKD.

“Kenapa daerah lain bisa cepat mengumumkan perekrutan CPNS. Kita cukup kecewa dengan kinerja BKD,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Peduli Tabagsel (PP Gema Pelita), Al Hasan Nasution juga menyampaikan kekesalannya, dan meminta Wali Kota Padangsidimpuan Zulkarnaen Nasution untuk transparan dalam penerimaan CPNS.

“Kita minta Pemko Padangsidimpuan untuk transparan dalam penerimaan CPNS. Jadi jangan memperlambat pengumuman kalau tidak mau dituding tidak terbuka,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Penerimaan Pegawai BKD Padangsidimpuan, Afdal Lubis ditanya seputar lambatnya pengumuman perekrutan CPNS tersebut, mengakui pihaknya belum mengumumkan secara resmi. Penyebabnya, proses perekrutan CPNS yang telah disetujui Pemerntah Provinsi Sumut belum juga ditandatangani Wali Kota Padangsidimpuan.

“Belum ditandatangani wali kota makanya belum bisa kita umumkan secara resmi. Rencananya, Selasa (27/10) akan kita informasikan melalu media massa, elektronik, dan kita tempel di kantor-kantor untuk di ketahui umum. Kalau mengenai dengan siapa kita bekerjasama dalam pengadaan soal dan pemeriksaan soal itu hanya atasan saya yang bisa menerangkan,” katanya tak mau memberikan komentar lebih jauh.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Komunitas Mandailing di Malaysia Soal Tari Tor-tor

Sementara itu, Kabag Pengadaan dan Pembinaan BKD Sumut, Pandapotan Siregar yang diwawancarai Senin malam mengaku tidak mengetahui bahwa Pemko Padangsidimpuan belum mengumumkan proses perekrutan CPNS.

“Bah! Saya belum tahu itu. Padahal pada 20 Oktober lalu kita sudah undang 31 kepala BKD dan Sekda dari 31 daerah untuk membicarakan proses perekrutan ini. Kalau begini caranya saya akan tanya besok apa alasan Pemko Padangsidimpuan tidak mengumumkan. Tapi kalau menurut saya, kemungkinan besar wali kota belum menandatangani pengumuman perekrutan itu,” kata Pandapotan yang mengaku baru selesai bermain bulu tangkis.

Pelamar di Medan

Kebingungan

Sejumlah CPNS khususnya pelamar di Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kebingungan, termasuk soal teknik pendaftaran. Pasalnya, informasi yang disuguhkan panitia menurut calon peserta pelamar masih minim, dan apa yang dijelaskan masih mengundang kesimpang siuran.

Misalkan, Suci salahseorang pelamar mengaku sejauh ini, belum mengerti benar, tentang bagaimana cara membuat lamaran yang baik dan benar, apa lagi pengumuman dan tata cara pelamaran tidak ada di umumkan di papan pengumuman.

“Kami datang kemari karena kurang mengerti tentang tatat cara pelamaran, termasuk syarat dan cara membuat lamaran. Nyatanya apa yang diharapkan tidak ada di papan pengumuman Provsu” ujarnya pada wartawan Senin (26/10) di kantor Gubsu.

Selain itu, Masdalena juga mengatakan hal yang sama. Hanya saja wanita menggunakan kerudung ini masih ragu dengan pengumuman yang ada di media massa, kalau ia tidak melihat langsung pengumuman yang dikeluarkan pihak pemprovsu.

“Saya sih, percaya dengan pengumuman di media, tetapi saya masih ragu, kalau tidak melihat langsung hasil pengumuman aslinya yang dikeluarkan Pemprovsu, maka saya kemari,” ujarnya.

Baca Juga :  SDH Terima Dana Pembangunan Rp38,9 M

Sementara Kabag Pengadaan dan pembinaan BKD Pemrovsu, Drs Pandapotan Siregar mengimbau kepada para pelamar agar tidak perlu kecewa dan bingung, sebab, apa yang dikeluarkan di media massa sudah benar dan sesuai dengan apa yang direkomendasikan.

Pihaknya sengaja tidak membuat pengumuman di Pemrovsu untuk menghindari kerumuman masyarakat dan menghindari imej buruk termasuk dengan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengaku sanggup meluluskan PNS, padahal itu tidak benar.

“Pengumuman sengaja tidak dibuat di papan pengumunan, untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan termasuk orang yang memamfaatkan situasi dan kondisi ini,” tandasnya.

Lanjut pandapotan, lebih jelasnya pengumuman dapat dilihat di Kantor Pos Medan, serta di internet www. Pemprovsu.co.id. (phn/kali)

DATA PENERIMAAN CPNS SUMUT
KABUPATEN REKRUT
1. Pemprovsu 285 orang
2. Padang Lawas Utara  507 orang
3. Tapanuli Selatan    45 orang
4. Padang Lawas  450 orang
4. Padangsidimpuan Menunggu
5. Mandailing Natal  395 orang
6. Pematangsiantar 251 orang 7. Batubara  873 orang
8. Sibolga 250 orang
9. Tapteng 456 orang
10. Langkat 435 orang
11. Medan 688 orang
12. Asahan 413 orang
13. Labuhanbatu 436 orang
14. Deliserdang 508 orang
15. Karo  300 orang
Sumber: BKD Sumut

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

3 Komentar

  1. horas di hita na sude………
    hoorrrraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaasssssssssssss……..
    hoooooorrraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaassssssssssssssssssssssssssss………..
    idia jolo parbagian i ipar..ulg amu sajo..
    ponink…poniiiiiiiiiiiiiiiiiiinkk..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*