Wapres Tutup PON XVIII/2012 – DKI Jakarta Juara Umum, Sumut Ranking 8

(Analisa/ferdy) Wakil Presiden Boediono (kiri) didampingi Menpora Andi Malarangeng (kedua kanan), Gubernur Riau Rusli Zainal (kanan), dan Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman (ketiga kanan) secara resmi menutup PON XVIII Riau di Stadion Utama Panam, Pekanbaru, Riau, Kamis (20/9). DKI Jakarta menjadi juara umum dan sampai jumpa di PON XIX di Jawa Barat pada 2016 mendatang.
Pekanbaru, (Analisa). Perhelatan akbar olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII /2012 secara resmi ditutup oleh Wakil Presiden (Wapres) Boedino di Stadion Utama Riau, Kamis (20/9) malam.

Penutupan perhelatan ini ditandai oleh penurunan bendera PON oleh tiga anggota Paskibra Riau.

Prosesi seremonial penutupan pesta olahraga itu berlangsung meriah dengan suguhan tarian, nyanyian dan permainan tata lampu laser yang indah.

Tampil sebagai Juara Umum Kontingen DKI Jakarta dengan 106 medali emas, 100 perak dan 110 medali perunggu. Sementara Sumut berada di urutan kedelapan dengan torehan 15 medali emas, 19 perak dan 22 perunggu. Sedangkan tuan rumah PON XIX /2016 digelar di Jawa Barat (Jabar).

Wakil Presiden Boediono bersama istrinya, Herawati Boediono sejak petang sudah tiba di Kota Pekanbaru. Meski masih diselimuti kabut asap tipis, namun animo masyarakat Pekanbaru dan dari kota-kota kabupaten untuk menyaksikan acara penutupan cukup tinggi. Apalagi pihak Panitia Besar (PB) PON sudah memangkas harga tiket yang terendah sebesar Rp15 ribu dan tertinggi Rp200 ribu.

Baca Juga :  Tertibkan Pengemudi Betor yang Angkut Sewa Lebihi Kapasitas

Terlepas soal itu, Wapres Boediono yang mengenakan pakaian Teluk Belanga khas Melayu Riau lengkap dengan peci hitam. Boediono mengawali sambutannya dengan mengatakan; “Api PON XVIII boleh padam, tapi semangat atlet terus menyala. Begitu juga semangat kita tetap berkobar dari “Sabang Sampai Merauke”.

Dalam kesempatan itu Wapres menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Panitia Besar (PB) PON XVIII baik dari pusat maupun daerah daerah. “Kepada Gubernur Riau, para bupati dan Muspida, Pengurus KONI dan seluruh pengurus cabor atas kerja kerasnya sehingga PON terselenggara dengan baik.

Sebelumnya, Gubernur Riau Rusli Zainal yang juga Ketua Umum PB PON dalam laporannya menyebutkan selama 12 hari setelah dibuka Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, sebanyak 7241 atlet dari 33 provinsi telah bertanding di 39 cabang olahraga (cabor).

Rusli Zainal menambahkan, menjadi kebanggaan bagi masyarakat Riau bisa menyambut sang juara dari seluruh Tanah Air di Bumi Melayu Lancang Kuning, Bumi Tercinta ini.

“Namun demikian, kami sangat menyadari banyak kekurangan yang mungkin dirasakan para tamu kami. Di sana sini mungkin masih banyak keluhan atau ketidaksempurnaan. Untuk itu saya mewakili seluruh masyarakat Riau menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya,” akunya. Acara penutupan dihibur oleh penampilan artis ibukota seperti Ari Lasso, Ruth Sahanaya, dan sejumlah atlet lainnya tidak ketinggalkan grup musik kondang asal Riau, Geisha. (dw/mp/td)

Baca Juga :  Merapi Meletus - Mbah Maridjan Tewas Bersujud

sUMBER: analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*