Warga Batak Tolak Berikan Gelar Raja kepada SBY

Partungkoan Naposo Bangso Batak (PNPB) menolak pemberian gelar Raja Batak kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).Penganugerahan gelar tersebut rencananya akan dilakukan ketika SBY berkunjung ke Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumut, Selasa 18 Januari mendatang.

Pimpinan aksi Edi Barita Malau pun menyampaikan pengaduannya di hadapan patung Raja Batak Sisingamangaraja XII itu sembari menangis terisak-isak siang tadi.”Opung. Coba lihatlah, Opung! Gelar Raja Batak sudah dipakai untuk kepentingan politik, Opung,” teriak Malau dengan menghadap ke patung Si Raja Batak. Sedangkan di belakangnya, ratusan massa mengacung-acungkan sejumlah poster yang bertuliskan penolakan mereka.”SBY Sok Kali Kau!” dan “Hei SBY, Jangan Kau Coba Datang ke Tanah Batak” tertulis di sejumlah poster yang dibawa oleh para massa. Selain itu, juga ada spanduk bertuliskan “TB Silalahi, Jangan Kau Jual Orang Batak kepada SBY”.

Malau sendiri dalam orasinya menyampaikan tuntutan rakyat Batak yang menolak pemberian gelar adat tersebut kepada Presiden SBY. Mereka juga meminta agar elit politik dari Tanah Batak tidak lagi seenaknya memberikan gelar adat kepada sembarangan orang, hanya untuk kepentingan politik mereka.

“Gelar itu hanya digunakan sebagai ajang popularitas dan komersialisasi oleh mereka. Padahal, gelar Raja Batak itu adalah gelar adat, tidak sembarangan orang yang bisa memakai gelar itu,” ucap Malau dalam orasinya.

Selain itu, mereka juga menuntut pemerintah bertanggung jawab terhadap kriminalisasi jemaat HKBP di Bekasi. Dalam aksi itu, mereka juga menyanyikan lagu berjudul “O Tano Batak”.(Okezone.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Cuaca Medan Masih Berubah-Ubah

6 Komentar

  1. apa nanti kata dunia……………………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    kami putra putri tanah batak …….tidak setuju…………titik

  2. Gelar Raja Batak buat SBY???? apa ngak salah itu…. sejauh mana SBY sudah berjuang dan meningkatkan Harkat Martabat Bangso Batak dan juga masyarakat Batak yang ada di Wilayah Tapanuli dan sekitarnya????? Apa yang sudah diberikan SBY ke Tanah Batak sehingga dia diberi Gelar Raja Batak???? Banyak mungkin masyarakat Batak di Perantauan yang miris hatinya mendegar Rencana Pemberian Gelar ini, apalagi sampai diberikan. Jadi jangankan di rencanakan, dibicarakan saja sudah sangat sedih hati mendengarnya….. Sadarlahhhhhhhh….angka Tulang, Uda, Amangboru, Pareban, Oppung, Lae, Tunggane, Ito, angka Kahanggi, Bapak Tua……. sude angka hamuna na na MERASA bahwa sudah pantas diberikan Gelar tersebut ke SBY….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*