Warga Batubola Sepakati MoU – TPA Beroperasi Hingga Akhir 2015

SIDIMPUAN – Warga Dusun Batubola, Desa Simatohir, Psp Angkola Julu, menyepakati Momerandum of Understanding (Mou) dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Psp, agar TPA Batubola beroperasi hingga akhir tahun 2015.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Psp melalui Kabid Kebersihan Dori Padonna menjelaskan, sesuai kesepakatan dengan warga Batubola, pihaknya bisa membuang sampah ke TPA tersebut hingga akhir tahun 2015.

“Kita sudah sepakat dengan warga melalui Mou yang diusulkan warga. Bahwa TPA Batubola bisa beroperasi hingga akhir tahun depan,” terangnya, Selasa (26/8).

Sebelumnya pada Mou yang dibuat, warga mengusulkan agar dilakukan relokasi TPA, pengadaan kolam pengolahan air suling TPA oleh dinas, fogging secara berkala pada TPA dan pemagaran areal TPA. Selain itu juga adanya pemberian bantuan kesehatan kepada warga sekitar.

Kepala Dusun Batubola Imbalo Harahap mengatakan, TPA yang beroperasi sejak Tahun 1983 itu harus dihentikan karena telah berakhir masa operasinya.

“Operasi TPA mulai dari 30 Tahun yang lalu sekitar pada Tahun 1983 itu, sampai sekarang belum pernah ada bantuan kepada warga simatohir ini, bahkan bantuan penanggulangan kesehatan kepada masyarakat pun tidak pernah ada. Sementara TPA ini sudah menghasilkan limbah yang mencemari Sungai Batang Ayumi yang mengalir di sepanjang Kota Psp. persawahan banyak yang gagal panen akibatnya,” terangnya.

Lanjutnya, pada Mou yang disetujui bersama warga Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Psp dapat beroperasi di TPA Batubola apabila setuju untuk memberikan jamianan kesehatan kepada warga sekitar dan member pagar serta fogging TPA.

“Untuk dapat beroperasi, Dinas Kebersihan harus memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat sekitar dengan contoh membagikan masker supaya nantinya masyarakat bisa terbebas dari ancaman sesak nafas akibat pembakaran sampah ini. Kemudian, TPA ini juga harus di fogging juga,” jelas kepala dusun tersebut. (mag-01)

/METROSIANTAR.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*