Warga Hulu Batang Pane Masih Naik Sampan ke Desa Tetangga

Warga Desa Hulu Batang Pane dan sekitarnya, di Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), hingga saat ini masih menggunakan sampan bila ingin pergi ke desa tetangga. Pasalnya, satu-satunya jalur yang menghubungkan Hulu Batang Pane dengan desa lainnya hanya Sungai Orosan.

Situasi ini membuat warga yang berdomisili di desa tersebut mendambakan pembangunan jembatan. Menurut warga jembatan di atas Sungai Orosan pasti bisa melancarkan arus transportasi dan menghemat biaya. Sebab, ongkos yang dikeluarkan untuk menyewa sampan cukup besar. Yakni, mulai Rp5 ribu hingga Rp15 ribu sekali perjalanan.

Salah seorang warga, Abdi Siregar (50), kepada METRO, mengatakan, warga di Desa Hulu Batang Pane dan sekitarnya, benar-benar membutuhkan jembatan.

“Kami sangat membutuhkan keberadaan jembatan tersebut. Selama ini, apabila para pengendara roda dua ingin ke desa kami, mereka harus menyewa sampan untuk menyeberangi sungai Orosan,” sebutnya.

Ditambahkannya, yang menyedihkan lagi, apabila ada sanak saudara yang sakit atau meninggal, terpaksa harus kesulitan menempuh jarak dan melalui jalur sungai tersebut. Padahal, seandainya ada jembatan jarak yang demikian jauh bisa ditempuh dengan begitu mudah.

Hal senada diungkapkan, Imran Harahap (35). Menurutnya, akibat ketiadaan jembatan itu, para petani kewalahan untuk mengangkut dan memasarkan hasil pertanian dan perkebunan.

“Jika pembangunan jembatan terwujud, saya yakin tingkat perekonomian warga Desa Hulu Batang Pane dan desa-desa lain yang ada di sekitar Sungai Orosan akan meningkat. Hanya saja, misalnya dibangun jembatan hendaknya yang permanen tidak sekadar jembatan gantung,” ujarnya.

Baca Juga :  Pelajar Tapsel Berharap Bupati Serius Majukan Pendidikan

Keduanya berharap, agar pihak yang berkompeten dapat mengalokasikan dana untuk membangun jembatan penghubung jalan menuju desa Hulu Batang Pane dan sekitarnya.

Sumber: http://metrosiantar.com/MENUJU_PALAS-PALUTA/Warga_Hulu_Batang_PaneNaik_Sampan_ke_Desa_Tetangga_

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*