Warga: Ini Adalah Letusan Gunung Sinabung Paling Dahsyat

Sejak akhir Agustus lalu, Gunung Sinabung, Sumatra Utara, sudah tercatat beberapa kali mengeluarkan letusan. Namun, suara letusan yang paling dahsyat dirasakan warga pada dinihari tadi.

“Suara letusan kali ini termasuk yang paling keras dibanding letusan yang terjadi sebelumnya. Letusan ini juga disertai gempa yang cukup kuat,” kata Jusup Sukatendel, warga Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, lewat surat elektronik kepada detikcom, Selasa (7/9/2010) dinihari.

Menurut Jusup, suara letusan terdengar sangat keras sekali. Padahal lokasi desa tersebut berjarak sekitar 14 Km.

“Letusan yang menggelegar sangat menakutkan. Suara berdentum-dentum berentetan, seakan ratusan bom meledak berentetan. Membayangkan bahwa sumber suara ini berjarak 14 KM, apakah letusan terbesar baru saja terjadi?” tambah Jusup.

Warga lainnya, Munarta Ginting, juga merasakan hal serupa. Dia juga memperkirakan ini adalah letusan terbesar selama ini.

“Pada malam ini sekitar pukul 00.30 WIB Gunung Sinabung Meletus lagi. Kelihatannya letusannya lebih dahsyat dari letusan yang sebelumnya,” tulis Munarta dalam fasilitas Info Anda detikcom.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono sebelumnya mengatakan, letusan berlangsung hingga 37 detik. Sebelum mengeluarkan hujan abu, terjadi gempa dangkal berkekuatan kecil dengan frekuensi cukup sering. Sementara abu vulkanik menyebar hingga radius 8 Km dan ketinggian asap hingga 5.000 meter.

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2010/09/07/025000/1436434/10/warga-ini-adalah-letusan-gunung-sinabung-paling-dahsyat?991102605

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Konflik Lahan, 30 Ribu Massa Mengancam

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*