Warga Kecewa, Jalan Rondaman-Poken Minggu Rusak Parah

(Analisa/tohong p harahap). Badan jalan desa yang menghubungkan Desa Rondaman dengan Desa Poken Minggu Kecamatan Halongonan, seperti kubangan kerbau saat musim penghujan.
Paluta, (Analisa). Warga Desa Rondaman dan Desa Poken Minggu Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengeluhkan buruknya jalan yang menghubungkan dua wilayah itu. Jalan sepanjang 5 kilometer tersebut dibiarkan rusak parah sehingga warga Kecewa Pemkab tidak melakukan pembangunan maupun pengerasan jalan yang merupakan akses warga dalam memasarkan hasil bumi di wilayah tersebut.

“Beginilah nasib kami di pedesaan ini. Hampir sepanjang jalan penuh lubang, bila musim hujan datang seperti saat ini, jangankan memakai Sepeda motor, untuk berjalan kaki saja pun payah,”ujar warga, Ruslan (46) kepada wartawan.

Menurutnya, warga di dua desa ini umumnya berharap, kiranya jalan yang rusak parah dan hampir tidak bisa dilalui tersebut, bisa segera dilakukan penimbunan atau pengaspalan.

“Setiap musim hujan seperti ini, jalan kami selalu rusak dan berlubang-lubang, warga yang umumnya petani menjadi terganggu dan sulit bepergian ke sawah maupun ke ladang mereka, begitu juga sulit membawa hasil bumi dari dua desa tersebut, “tambahnya.

Warga lain, Sutan Partomuan Harahap (50) mengatakan, seharusnya kondisi jalan rusak yang berada di sepanjang jalan yang menghubungkan Desa Rondaman dengan Desa Poken Minggu, Kecamatan Halongonan diperbaiki karena setiap hari sangat banyak warga yang melintas dari jalan tersebut karena lokasi tersebut adalah tempat pemukiman warga.

Baca Juga :  23 Pebruari, Sosialisasi SPT Tahunan Wajib Pajak Kota Padangsidimpuan

“Setiap hari jalan ini selalu di lintasi banyak orang dengan berbagai urusan dan kepentingan. Selama jalan ini tidak diperbaiki selama itu juga keselamatan pengendara dikhawatirkan akan terancam,” ungkapnya.

Keduanya berharap Pemda Paluta segera melakukan penanganan maupun pembangunan di sepanjang jalan antara Desa Rondaman dengan Desa Poken Minggu, Kecamatan Halongonan.

Plt Kadis Pekerjaan Umum Paluta Edy Saleh Lubis dihubungi melalui telepon selulernya membenarkan kerusakan jalan tersebut. Ia pun berjanji tahun 2013 akan mengusahakan agar jalan yang menghubungkan Desa Rondaman dengan Desa Poken Minggu, Kecamatan Halongonan ditampung pada APBD 2013. (ong)-(analisadaily.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*