Warga Keluhkan Irigasi Belum Rampung

Masyarakat di 11 desa yang berada Kecamatan Barumun Kabupaten Padanglawas (Palas) mengeluhkan dengan belum rampungnya pembangunan pintu air.

Sejumlah masyarakat menyebutkan warga dari Desa Hasahatan Jae, Siolip, Sabarimba, Siborong-borong, Binabo Julu, Binabo Jae, Handis Julu, Pagaran Jalu-jalu, Bangun Raya, Purbatua, Janji Matogu dan Tangga Bosi, tidak bisa turun sawah untuk menanam padi. “Debit air tidak cukup menyusul rusaknya pintu air dari Sungai Barumun,” ujar seorang petani Ishak Nasution pemilik lahan sawah 1,5 Ha ketika ditemui Global, Minggu di areal persawahan Banjar Galoga Desa Binabo Jae.

Bahkan dia mengaku sudah dua tahun tidak turun sawah akibat tidak mencukupinya debit air yang masuk ke areal persawahan Banjar Galoga. Untuk biaya hidup, dia beralih profesi.

Pernyataan yang sama juga disampaikan Hj Hayani dan Fajar penduduk Desa Sabarimba, serta Ali Umri penduduk Desa Siborong borong. Mereka mengatakan masyarakat sangat kecewa dengan pemerintah daerah yang terkesan tidak berpihak kepada masyarakat petani. (harian-global.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*