Warga Madina Jangan Mau Diprovokasi

MEDAN – Pihak kepolisian mengharapkan warga Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara tenang dan tidak terprovokasi terkait pemeriksaan terhadap Kepala Desa Hutagodang Muda Zulkarnain Lubis. “Pemeriksaan itu murni karena tindakan kriminal,” kata Kasubbid Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Polda Sumut AKBP MP Nainggolan sore ini.

Pemeriksaan terhadap Kades Hutagodang Muda Zulkarnain Lubis itu memang terkait dengan penyerangan ke kamp PT Sorikmas Mining. Namun, kata dia, hal itu dilakukan karena Zulkarnain diduga melakukan pembakaran terhadap mobil milik salah seorang warga yang bernama Hasan Basri.

Sebagai pihak yang dirugikan, Hasan Basri melaporkan peristiwa pembakaran atas mobilnya tersebut ke pihak kepolisian. “Karena menerima laporan itu, tentu menjadi kewajiban polisi untuk menindaklanjutinya,” kata Nainggolan, tadi malam.

Karena itu, kata dia, pihaknya mengharapkan masyarakat tidak termakan isu yang tidak benar terkait pemeriksaan tersebut. “Pemeriksaan terhadap Zulkarnaen murni karena tindakan kriminal, jangan dikait-kaitkan dengan persoalan lain. Masyarakat diimbau untuk tenang dan tidak mudah terpancing,” ujarnya.

Nainggolan mengaku jika pihak kepolisian sering dipojokkan terkait penyelesaian hukum seperti yang terjadi di Mandailing Natal tersebut. “Kalau tidak ditindaklanjuti laporan pembakaran mobil itu, maka polisi juga akan dituntut oleh pelapor,” katanya.

Sebelumnya, ratusan warga Desa Huta Godang Muda, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menyerang kamp milik PT Sorikmas Mining di Dolok Sihayo pada Minggu (29/5) sekitar pukul 11.00 WIB. Dalam penyerangan itu, warga membakar hampir keseluruhan aset perusahaan yang bergerak dalam penambangan emas tersebut.

Baca Juga :  Warga Angkola Selatan Butuh Perbaikan Infrastruktur

waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*