Warga Palas Diimbau Tidak Bakar Lahan Perkebunan

Pembakaran Lahan (Photo-www.muslimdaily.net)

Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Padang Lawas (Palas) menyurati camat se-Palas untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan di wilayahnya terutama akibat masyarakat yang membuka lahan perkebunan dengan cara membakarnya. Apalagi saat ini di daerah tersebut sedang musim kemarau.

“Kita sudah menyurati camat se-Palas dengan memberikan Surat Edaran (SE) kepada masyarakat berupa imbauan dan ajakan agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan jika membuka lahan perkebunan. Apalagi saat ini sedang musim kemarau,” ujar Kadishutbun Palas, Ir Soleman Harahap kepada METRO, Rabu (20/10).

Tidak itu saja, lanjut Kadishutbun, di areal kawasan hutan juga sudah dibuat imbauan berupa tidak membuang puntung rokok sembarangan dan larangan membakar hutan. Bahkan ancamannya juga dibuat dalam pengumuman plang tersebut di setiap wilayah kawasan hutan.

“Jadi jangan terulang lagi seperti baru ini yang terjadi kebakaran hutan di Bukit Barisan. Karena secara otomatis akan merusak lingkungan dan hutan Palas,” kata Soleman sembari menambahkan kebakaran hutan di Palas sangat potensial terjadi karena secara geografis kabupaten tersebut dikelilingi hutan yang memiliki luas ribuan hektare.

Sumber: http://metrosiantar.com/MENUJU_PALAS-PALUTA/Warga_Diimbau_Tidak_Bakar_Lahan_Perkebunan

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*