Warga Siak Riau Dievakuasi karena Desa Dikepung Api

Pekanbaru, (Analisa). Kebakaran lahan masih terjadi di Riau. Satgas TNI mengevakuasi warga karena desanya terkepung kebakaran lahan.

Kepala Penerangan Satgas Tanggap Darurat, Kolonel Robert mengungkapkan hal itu kepada detikcom, Selasa (25/3). Dia menjelaskan tim Satgas TNI kemarin mengevakuasi warga Desa Dayun Kecamatan Dayun Kabupaten Siak.

“Ada sekitar delapan KK atau 24 jiwa yang dievakuasi. Mereka terdiri dari balita dua orang, delapan anak-anak dan sisanya dewasa,” kata Robert.

Dijelaskan, warga desa ini dievakuasi Satgas TNI karena desanya sudah terkepung api akibat kebakaran lahan perkebunan sawit milik warga yang dibangun Pemda Siak. Jarak api ke perumahan warga hanya 15 meter. Jarak pandang di bawah tujuh meter.

“Kondisinya sudah tidak memungkinkan warga untuk tetap tinggal di sana. Mereka kita evakuasi berjarak dua kilometer dari desanya tempatnya kita letakan di lapangan bola. Di sana ada barak, dapur umur, dan tim medis yang sudah kita sediakan,” kata Robert.

Masih menurut Letkol Robert, warga sampai sekarang masih berada di tenda. Mereka belum bisa kembali ke desanya karena asap pekat masih mengepung.

“Tim Satgas masih terus berupaya memadamkan api yang menghanguskan perkebunan sawit warga. Apa lagi kawasan yang terbakar itu merupakan kawasan gambut. Api tidak terlihat di permukaan namun membara di bagian bawah. Asap cukup pekat dan membahayakan kesehatan warga,” kata Robert. (dtc)

Baca Juga :  Quick Count LSI-SCTV: Jokowi 53,89%, Foke 46,11%

Sumber: analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*