Warga Simatohir Dambakan Pembangunan Sekolah Dasar

SIDIMPUAN – Warga Desa Simatohir, Kecamatan Psp Angkola Julu membutuhkan pembangunan satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD). Tujuan untuk mempermudah jangkauan anak-anak yang tinggal di daerah Desa Simatohir dalam mengikuti pendidikan jenjang SD.

“Makanya kita pernah mengusulkan pembangunan SD di Desa Simatohir ini agar anak-anak lebih mudah untuk berjalan ke sekolah tersebut,” ujar Kepala Dusun II Desa Simatohir Kecamatan Angkola Julu Imbalo Harahap, Jumat (8/8).

Ia mengatakan, hingga saat ini anak-anak yang berada di daerah Dusun II Desa Simatohir melaksanakan pendidikan ke Dusun Perahu Desa Bargottopong Kecamatan Psp Batunadua.

Karena sekolah itu jangkauan yang paling dekat dari daerah ini, sementara Dusun I Desa Simatohir mengikuti pendidikan jenjang SD ke Desa Rimba Soping Kecamatan Psp Angkola Julu. “Desa ini terbagi dua dusun, kalau kita berdekatan dengan Kecamatan Psp Batunadua, makanya anak-anak yang tinggal di sini sekolah di sana (Batunadua).

Untuk mempermudah jangkauan kami, diharapkan dilakukan pembangunan SD di daerah ini. Karena saat ini Dusun II Desa Simatohir sudah berpenduduk sekitar 81 Kartu Keluarga (KK),” terangnya.

Hal yang sama dikatakan B Pohan, warga setempat. Menurutnya, pembangunan SD di daerah Desa Simatohir akan memudahkan anak-anak untuk menjangkau atau mengikuti pendidikan. “Hanya saja lebih dekat dan anak-anak tidak terlalu dibebankan dengan jauhnya lokasi yang ditempuh.

Baca Juga :  Mengunjungi SD Santa Fransiskus di Tapsel - Didik Murid dengan Terapkan Disiplin Waktu dan Pengembangan Diri

Tapi saat ini saya sudah bersyukur mereka (anak-anaknya) bisa saya sekolahkan walaupun mereka harus berjalan kaki 5 hingga 10 menit,” tuturnya.

Berbeda dengan Camat Psp Angkola Julu Harun SSos. Ia mengatakan, saat ini di daerah Desa Simatohir belum terlalu membutuhkan untuk pembangunan Unit Sekolah Baru (USB), sebab penduduk yang tinggal di daerah tersebut belum terlalu banyak untuk mencukupi sekolah.

“Menurut saya itu masih butuh pertimbangan yang matang, karena di Desa Simatohir belum banyak penduduknya. Kemudian untuk saat ini anak-anak di Dusun II sekolah di daerah Batunadua, dan Dusun I di daerah Desa Rimba Soping,” terangnya.

Kemudian ia mengatakan, di Kecamatan Angkola Julu ada sekitar 1700 Kartu Keluarga dengan kisaran penduduk kurang lebih 7.800 orang. Selanjutnya terdapat 5 sekolah SDN dan 1 Madrasah Iftidaiyah (MI) , 1 unit SMP dan 1 SMA swasta.“Desa kita ada 8 di Kecamatan Angkola Julu ini, saya rasa kebutuhan USB untuk tingkat SD masih cukup. Bahkan masih ada terdapat sekolah yang masih kekurangan siswa-siswi di Angkola Julu ini,” pungkasnya. (bsl)

/METROSIANTAR.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*