Warga Sipirok, Digigit Nyamuk, Kaki Terancam Diamputasi

Berawal dari digigit nyamuk, kaki kiri Awaluddin Harahap (43), warga Panggulangan, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan terancam diamputasi sebatas tulang kering untuk menghindari menjalarnya penyakit ke bagian tubuh lainnya. Sebab, menurut pemeriksaan medis, Awaluddin mengidap penyakit ganggren atau sejenis penyakit gula.

6096218d9d628dfdd42481e43697b92b207a74c Warga Sipirok, Digigit Nyamuk, Kaki Terancam Diamputasi
Awaluddin Harahap, penderita ganggren berusaha menenangkan diri sambil berjalan-jalan menahan sakit.

Ketika ditemui METRO di ruang IRNA I, RSUD Tapsel di Sipirok, Jumat (27/8), Awaluddin didampingi beberapa keluarga yang menjaganya menceritakan, penyebab penyakitnya itu karena digigit nyamuk di bagian kaki kirinya. Kemudian di bekas gigitan nyamuk tersebut terasa gatal bercampur perih, dan lama-kelamaan kulitnya mulai terkelupas dan terasa panas.

“Awalnya aku digigit nyamuk sekitar sembilan bulan yang lalu. Kejadiannya waktu itu di Riau, lalu beginilah jadinya, kulit kakiku terkelupas. Perih bagaikan disayat-sayat, apalagi ketika kumat,” ujar Awaluddin yang mengaku sebelumnya sehari-hari bekerja di salah satu perkebunan di Kabupaten Siak Indrapura, Riau, memulai pembicaraan.

Diutarakan ayah dari empat orang anak ini, dirinya bersama beberapa keluarganya sudah berusaha mencari pengobatan untuk penyakitnya, baik dari tenaga medis ataupun orang pintar.

“Sudah bolak-balik berobat ke Kota Medan, Kabupaten Madina dan daerah lainnya. Tapi tetap tak ada perobahan. Bahkan melalui orang pintar tetap diupayakan. Kabarnya untuk menghindari penyakit semakin menjalar ke bagian tubuh lain, kakinya mungkin harus dipotong,” tambah Amri, adik Awaluddin yang sedang menjaga.

Baca Juga :  Pembangian Raskin Di Desa Hadungdung Pintu Padang Berjalan Dengan Lancar

Amatan METRO, untuk sekedar mengurangi rasa sakit yang diderita, Awaluddin terus mengupayakan membuat kesibukan dengan berjalan sambil membacakan beberapa penggal ayat-ayat suci Alquran.

Dokter yang merawat Awaluddin ketika hendak dikonfirmasi METRO, sedang tidak berada di RSUD. Namun, melalui perawat jaga bernama Rika kepada wartawan mengatakan, sesuai hasil pemeriksaan yang ada, Awaluddin mengidap penyakit ganggren. Awaluddin masuk ke RSUD Sipirok sejak Kamis (26/8) malam.

Sumber: http://metrosiantar.com/Metro_Tabagsel/Digigit_Nyamuk_Kaki_Terancam_Diamputasi

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*