Warga Tantom Pesta Panen Raya

ANGKOLA –  Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Syahrul M Pasaribu, mengikuti pesta panen raya padi bersama warga yang umumnya petani di Kecamatan Tano Tombangan (Tantom), Angkola.

Panen raya padi jenis Ciherang itu dipusatkan di areal persawahan Desa Batu Horpak. Warga merayakan panen tahun ini, karena terjadi peningkatan hasil gabah yang signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Karena beberapa kali panen dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, setiap satu lungguk (42×42 meter persegi) sawah warga hanya menghasilkan 30 sampai 40 kaleng gabah. Tapi pada musim panen ini mencapai 70 sampai 80 kaleng.

Menurut Camat Tantom Angkola, Saftar Harahap, meningkatnya hasil panen gabah petani tersebut karena petani mau dibina dan kompak baik dalam mengolah sawah, berbagi air dan berburu hama tikus.

“Faktor pendukung lainnya adalah bimbingan dan pembinaan yang diberikan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pemkab Tapsel bersama mitra PT Agricon kepada petani,” katanya, siang ini.

Sedangkan mewakili PT Agricon, Budi Siswanto, mengakui kemauan yang cukup tinggi untuk belajar dan mau dibina dalam pola tanam padi. Dia berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan para petani, PPL dan camat kepada mereka.

Terkait peningkatan hasil panen ini, Bupati Tapsel memberi apresiasi kepada petani dan meminta petani untuk terus belajar. Sehingga hasil panen tetap bisa dipertahankan atau meningkat di musim berikutnya.

Baca Juga :  LiRA Laporkan Perjalanan Dinas DPRD Tapsel

“Hasil panen akan lebih meningkat lagi, jika petani mau menerapkan pola tanam serentak. Dengan pola itu, jenis hama apapun yang mengganggu tanaman padi petani dapat diminimalisir,” kata bupati.

Produksi gabah petanti Tantom Angkola yang rata-rata 70-80 kaleng per lungguk atau sekitar 5-6,5 ton per hektare ini, menurut bupati, merupakan satu pencapaian yang sangat baik. Namun masih perlu ditingkatkan pada tahun mendatang.

Pemkab Tapsel akan terus berupaya membantu produksi pertanian rakyat. Termasuk perkebunan, peternakan dan perikanan. “Tahun ini anggaran yang untuk sektor pertanian Tapsel mencapai Rp36 miliar,” jelasnya. (waspada.co.id)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*