Warga Taput Keluhkan Kabut Asap

Analisa/emvawari candra sirait) KABUT ASAP:Warga Kota Tarutung keluhkan kabut asap yang hingga menyelimuti wilayah Tarutung.

Tarutung, (Analisa). Sejumlah warga mengeluh kabut asap yang hingga kini masih tebal dan menyelimujti di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), khususnya Kota Tarutung.

“Soalnya kabut asap ini sudah membuat suasana semakin gelap, akibatnya kita semakin khawatir melakukan aktivitas, apalagi bila menggunakan kendaraan karena jarak juga pandang hanya beberapa meter saja,” ujar salah seorang warga Kota Tarutung, B. Lumbangaol (32) kepada wartawan, Kamis, (13/3).

Dia mengaku, kondisi kabut asap ini berlangsung cukup lama hampir sebulan. Sayangnya sampai saat ini kabut asap tidak kunjung hilang.

“Bahkan sekarang kondisinya sudah semakin tebal,”ujarnya.

Senada disampaikan warga lain, T. Siahaan (60). Dia mengaku akibat kabut asap ini dirinya sudah enggan keluar rumah melakukan aktivitas. Pasalnya, kabut ini belakangan juga mulai mengganggu kesehatan, khususnya bagi orangtua dan anak-anak.

“Saya sering batuk dan pilek kalau terlalu sering keluar, biasanya saya tidak seperti ini, tapi selama kabut asap saya sudah khawatir keluar rumah karena saya merasa kabut telah mengganggu kesehatan saya,”ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Taput, dr Bobby Simanjuntak sebelumnya menyarankan agar masyarakat mengurangi intensitas keluar rumah selama kabut asap belum hilang.

“Namun kalaupun ingin keluar, disarankan untuk masker dan kecamata reben, khususnya bagi pengendara,” katanya.

Baca Juga :  Banjir Kecaman, Miss World Tetap Dibuka Besok

Dia juga mengingatkan masyarakat, selama masih ada kabut asap supaya memperbanyak minum air putih dan menkonsumsi buah.

Hal ini berguna untuk menambah daya tahan tubuh dan mengantispasi gangguan kesehatan selama masih ada kabut asap. (can)

SUmber: analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*