Waspadai Kerbau Wahai Pemudik Lalui Jalur Lintas Barat Sumatera!

BENGKULU,  – Jika anda mudik menggunakan jalur lintas barat Sumatera, tepatnya Bengkulu-Sumbar, pemudik diminta mewaspadai kerapnya segerombolan kerbau dan sapi yang menyeberang jalan secara mendadak.

Pantauan Kompas.com, jalur lintas barat Sumatera di Provinsi Bengkulu mulai terbentang dari Kabupaten Kaur hingga Mukomuko. Setidaknya terdapat tujuh kabupaten yang memiliki jalan raya yang dilintasi pemudik. Nah, di jalan raya itu kerap ditemukan segerombolan kerbau dan sapi yang menyeberang jalan secara mendadak.

“Kerbau memang kerap menyeberang jalan mendadak di jalan jalur lintas barat ini membahayakan, apalagi malam hari, kerbau kan sering menyeberang jalan ramai dengan kawanannya,” kata Juliardi, salah seorang pemudik yang warga Sumatera Barat, Sabtu (19/8/2014).

Beberapa kabupaten yang dilintasi Jalinbar telah membuat perda larangan melepas hewan ternak berkaki empat. Namun, perda tersebut masih diacuhkan oleh pemilik ternak.

Beberapa kali juga petugas satuan polisi pamong praja merazia hewan ternak tersebut, namun sang pemilik ternah tak jera.

Selain kawanan kerbau dan sapi, pemudik juga diminta mewaspadai beberapa jalan yang rusak akibat abrasi yang merusak jalan ruas Jalinbar. Beberapa tempat yang rusak tersebut khususnya di Kabupaten Bengkulu Utara, tidak diberikan penerang dan rambu yang memadai./KOMPAS.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  IKMMT (IKatan Mahasiswa Muslim Tapanuli) Universitas Bengkulu, Menggalang Dana Untuk Korban Banjir Madina

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*