Waspadai Materai Palsu, Berkas Pelamar CPNS Bakal Dikembalikan

Sabtu, 24 Oktober 2009 – www.metrosiantar.com

METERAI

SIDIMPUAN-METRO; Semakian dekatnya penerimaan calon pegawai negeri, Kepala Kantor Pos Cabang Padangsidimpuan meminta masyarakat di wilayah Tapanuli bagian selatan terutama para pelamar untuk mewaspadai peredaran materai palsu. Jika hendak membeli, diminta memerhatikan ciri-ciri khusus pada hologram materai.

Demikian disampaikan Kasno, Kepala Kantor Pos Cabang Padangsidimpuan, Jumat (23/10). Pasalnya, kata Kasno, jika menggunakan materai palsu, sisi legalitas tidak akan diakui oleh hukum, atau bagi pelamar nantinya jika didiketahui bahwa materai yang digunakan palsu, berkas pelamaran akan dikembalikan untuk diulang dan menyertakan materai asli pada surat lamaran.

“Masyarakat harus lebih memerhatikan keberadaan materai yang diperjualbelikan di pasaran. Jika membeli di kantor pos, harga materai Rp3.000 harganya tetap Rp3.000, begitu juga dengan materai Rp6.000 dijual dengan harga Rp6.000. Sedangkan di luaran harganya bisa naik. Namun jika ada materai dijual di bawah harga, materai tersebut sangat diragukan keasliannya,” kata Kasno.

“Jangan sampai kita dirugikan akibat beredarnya materai palsu. Dan khusus bagi pelamar CPNS agar benar-benar memerhatikannya. Periksa keasliannya dan saya sarankan untuk membeli materai di kantor pos,” sambungnya.

Kasno pun membeberkan ciri-ciri materai asli, di antaranya pada materai terdapat micro teks “pajak”, hologram berisi logo Ditjen Pajak, pervorasi berbentuk oval pada sisi kiri dan kanan dengan tinta fluorescent dua warna, relief Ditjen “pajak”, laten huruf “M”, blok bergelombang dapat diraba dan diterawang, cetakan intaglio, tinta invisible teks “pajak”.

Baca Juga :  Meriahkan HUT TNI ke-65, Balapan di Padangsidimpuan Bakal Meriah

Kasno mengimbuhkan, hingga saat ini jumlah pelamar yang mengirimkan surat lamaran via kantor pos sejak dua bulan lalu, per harinya sekitar 25 orang. Dan semakin dekatnya penerimaan CPNS, pelamar yang menggunakan jasa kantor pos dipastikan bertambah. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*