WhatsApp dan iPad di Antara 5 Teknologi Baru Piala Dunia

Bek Timnas Meksiko Rafael Marquez memposting foto dia dan rekan-rekannya berdesak-desakkan di taksi akibat bus tim mereka mogok (Twitter)

Rio de Janeiro  Piala Dunia 2014 akan menjadi untuk pertama kalinya teknologi garis gol digunakan pada perhelatan akbae sepak bola, namun kemajuan teknologi juga akan mempertajam turnamen itu dalam berbagai hal.

Berikut, AFP Sports mengidentifikasi lima teknologi baru yang akan membantu para pemain, ofisial dan penggemar selama turnamen itu berlangsung yang dimulai Kamis waktu setempat nanti:

Busa penghilang

Demi mencegah tim-tim mendapatkan tembakan bebas dengan cara yang menyalahi aturan, para wasit turnamen ini akan dilengkapi dengan kaleng kecil berisi busa penghilang.

Senyawa putih biodegradable (bahan pencemar tak terdegradasi) akan disemprotkan ke lapangan untuk menandai di mana tendangan bebas harus diambil dan jarak 10-yard dari pagar betis pertahanan lawan.

Dikenal sebagai Aero Comex Futline, senyawa ini lenyap dalam waktu semenit.

“Para pemain menghargai ini,” kata wasit Australia Ben Williams. “Ini inovasi hebat dan saya menanti untuk menggunakannya.”

Twitterwall

Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) telah menginstal Twitterwall yang dirancang khusus di hotel di mana timnas Jerman menginap dekat Porto Seguro di negara bagian Bahia, Brasil selatan.

Dengan menggunakan hashtag #aneurerseite (#onyourside), para penonton bisa mengirimkan pesan berfoto yang mendukung timnya yang akan tampil pada dinding untuk bisa dilihat para pemain.

Baca Juga :  Nikmati Video 3D di YouTube dengan NVIDIA 3D Vision dan Firefox 4

Ide serupa digunakan di bandara Frankfurt sebelum skuat Jerman terbang ke Brasil.

WhatsApp

Para pemain Uruguay terus saling berhubungan satu sama lain sebelum turnamen ini dengan menggunakan layanan pesan instan WhatsApp pada ponsel pintarnya.

Striker Edinson Cavani mengakui bahwa dia dan rekan-rekan satu timnya menggunakan aplikasi ini dalam berbagi pandangan mengenai undian Piala Dunia yang membuat juara Amerika Selatan itu satu grup dengan Inggris, Italia, dan Kosta Rika. “‘Oh, Italy! Oh, England!‘” kata Cavani kepada majalah Inggris FourFourTwo.

“Grup pesannya hebat untuk membuat kami terus terhubung karena kami bermain di seluruh dunia dan kami bisa saling mendukung. Pada saat itu, jadinya hebat!”

Televisi resolusi ultra tinggi (UHD)

Piala Dunia 2014 akan menjadi turnamen pertama yang sebagian diabadikan dengan televisi UHD yang resolusinya empat kali lebih tinggi dibandingkan televisi konvensional resolusi tinggi (HD) dan membutuhkan jaringan satelit yang mampu mengolah 100 megabit data per detik.

Turnament ini dianggap sebagai arena uji coba bagi teknologi ini yang akan belum banyak tersedia.

iPad

Para pemain timnas Inggris masing-masing dilengkapi iPad berisi informasi pribadi mengenai lawan-lawan mereka di fase grup. Asosiasi Sepak Bola (FA) telah merancang aplikasi yang membuat Wayne Rooney, Steven Gerrard dan rekan-rekan satu timnya mengakses data pribadi dan cuplikan video lawan-lawan tertentu yang akan mereka hadapi di turnamen ini.

Baca Juga :  Pembaruan Microsoft Office 2016 Preview Tambah Dua Fitur

Inggris juga menggunakan kamar pemanas dan mengenakan pelapis ekstra pada pakainnya selama pelatihan untuk melawan kondisi lembab di kota Manaus di mana mereka akan bermain melawan Italia Sabtu waktu setempat mendatang.

“Kami telah mencapai kemajuan,” kata gelandang James Milner seperti dikutip AFP. “Kami tak melewatkan apa pun, dan persiapan kami bagus sekali.”/(ANTARA News)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*