Wilayah kota Padangsidimpuan berstatus Desa Siaga

KOTA PADANGSIDIMPUAN

www.waspada.co.id

P.SIDIMPUAN – Seluruh kelurahan dan desa di wilayah kota Padangsidimpuan kini berstatus Desa Siaga. Penduduknya telah memiliki kesiapan dan kemampuan mencegah serta mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana, dan gawat darurat kesehatan secara mandiri.

Pengembangan Desa Siaga bertujuan untuk memeratakan pelayanan kesehatan dasar kepada seluruh masyarakat. Karenanya dibuat suatu upaya kesehatan yang berbasis kemasyarakatan, agar pola hidup sehat itu lebih mudah tercapai, terjangkau, dan berkualitas.

“Desa Siaga siap memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat, mengantar penduduknya untuk hidup sehat, dan menjaganya agar tetap sehat,” kata kepala Dinas Kesehatan Pemko Padangsidimpuan, Doria Hafni Lubis, tadi malam.

Dijelaskan, Desa Siaga terbagi empat tingkatan yakni, Desa Siaga Pratama, Desa Siaga Madya, Desa Siaga Paripurna, dan Desa Siaga Mandiri. Pembagiannya diukur berdasarkan ketersediaan atau kemampuan pelayanan dan akses kesehatan yang terdapat di desa itu.

Desa Siaga merupakan program nasional bidang kesehatan. Dinas Kesehatan Daerah sebagai institusi yang melaksanakannya di daerah masing-masing. Di tiap kelurahan atau desa, dibentuk kelompok masyarakat yang akan mengurusinya. Lurah atau kepala desa bertindak sebagai pembina langsung.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*