Windows XP Masih Jadi Favorit Pengguna PC

KOMPAS.com – Meski Windows 8 sudah akan siap diluncurkan, pengguna komputer tampaknya masih setia menggunakan Windows XP. Bahkan, Windows XP yang sudah “berusia” 11 tahun ini penggunaannya masih lebih tinggi dibanding Windows 7.

Seperti dilansir CNet, lembaga riset Net Applications melaporkan bahwa Windows XP masih mendominasi pasar. Meski sudah ada tren kenaikan dari Windows 7.

Pangsa pasar Windows XP pada April 2011 sempat mencapai 55,84%. Sementara, pangsa pasar Windows 7 masih sebesar 26,36%.

Pada April tahun ini, pangsa pasar Windows 7 sudah naik menjadi sebesar 38,67 persen. Sedangkan Windows XP hanya turun menjadi 46,08 persen.

Dalam setahun, Windows 7 naik 12,31 persen. Sementara Windows XP hanya turun 9,76 persen. Ini juga berarti bahwa kedua OS ini memang masih diminati oleh pasar.

Memang untuk beralih dari Windows XP ke Windows 7 bukan perkara yang sulit bagi pengguna individu, meski tidak ada jalur khusus untuk upgrade langsung dari Windows XP ke Windows 7.

Namun yang menjadi masalah adalah bagi kalangan korporasi yang tidak mungkin begitu saja beralih ke sistem operasi baru. Hal ini disebabkan banyak perangkat keras dan perangkat lunak yang mungkin saja tidak kompatibel, selain harus menangani komputer dalam jumlah yang banyak dan memakan waktu.

Masalahnya, jika korporasi tidak segera mengubah OS dari XP ke Windows 7, maka korporasi ini akan ketinggalan teknologinya. Sebab, Microsoft telah mengumumkan bahwa dukungan update untuk Windows XP akan dihentikan dalam dua tahun mendatang.

Baca Juga :  Asyik, Facebook Akan Dilengkapi Musik, TV, dan e-Book

Jika tidak ada update, maka komputer akan rawan terhadap keamanan dan rawan terkena malware. Sehingga Microsoft meminta kepada pengguna komputer untuk segera beralih menggunakan Windows 7, apalagi akan segera hadir Windows 8.

Sumber : CNET

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*