Wiranto: Pemerintah Harus Keras ke Malaysia

Ketua Umum Partai Hanura Wiranto mengatakan seyogianya Indonesia setelah mengalami berbagai tindakan yang tidak sepantasnya dilakukan negara tetangga bisa bersikap lebih keras.

“Kedaulatan nasional harus dijaga pemerintah,” katanya di Kantor DPP Hanura, Jakarta, Jumay (3/9/2010). Kata Wiranto, untungnya tidak layak kalau mempetimbangkan untung dan rugi dari sisi ekonomi nasional. “Kami sangat menyesalkan kedaulatan dinilai dengan untung dan rugi ekonomi nasional,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, dalam pidatonya di Mabes TNI, Presiden SBY mengungkapkan ada sekitar dua juta WNI yang bekerja di Malaysia – di perusahaan, di pertanian, dan di berbagai lapangan pekerjaan. Selain itu, ada sekitar 13,000 pelajar dan mahasiswa Indonesia belajar di Malaysia.

Wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Indonesia adalah ketiga terbesar dengan jumlah 1,18 juta orang, dari total 6,3 juta wisatawan mancanegara.

Investasi Malaysia di Indonesia 5 tahun terakhir (2005-2009) adalah 285 proyek investasi, berjumlah USD 1.2 miliar, dan investasi Indonesia di Malaysia berjumlah USD 534 juta. Jumlah perdagangan kedua negara telah mencapai USD 11,4 Miliar pada tahun 2009. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan ekonomi Indonesia – Malaysia sungguh kuat.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2010/09/03/337/369974/wiranto-pemerintah-harus-keras-ke-malaysia

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Ketika Air Sungai Tak Lagi Membawa Manfaat...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*