Wow..Robot HRP-4 Bakal Gantikan Pekerja Pabrik.!!

Perkembangan dunia robotika yang kian maju diprediksi akan mengancam keberadaan manusia yang bekerja di sejumlah pabrik. Robot bisa saja menggantikan manusia dalam melakukan fungsi kerja tertentu.

Jepang telah memulai mengalihkan fungsi-fungsi pekerjaan kasar dengan mesin-mesin robot. Salah satu robot yang mampu melaksanakan pekerjaan-pekerjaan seperti mengangkat dan memindahkan beban berat adalah HRP-4. Robot yang dikembangkan oleh Kawada Industries dan National Institute of Advanced Industrial Science (AIST).

“Kami merancang sebuah robot yang dapat bekerja, robot ini digambarkan sebagai seorang kurus tapi berotot atlet track-dan-lapangan,” kata Manager AIST, Noriyuki Kanehira seperti dilansir Newscom, Jumat (17/9/2010).

Robot ini dirancang untuk menggantikan manusia dalam kurun waktu 10 tahun mendatang. Tak hanya diperuntukkan untuk kerja-kerja kasar tapi model lain HRP-4 juga bisa difungsikan untuk berjalan di catwalk, atau sebagai pelayan di ruang karaoke.

“Ini adalah salah satu tantangan Jepang abad ke-21 untuk mengembangkan robot yang dapat menyederhanakan sebuah pekerjaan, Kita perlu untuk melengkapi tenaga kerja di negara ini,” katanya.
HRP-4 memiliki tinggi 151 cm dengan sendi yang dapat bergerak lebih bebas daripada pendahulunya dan dapat menjalankan berbagai aplikasi perangkat lunak. Kawada dan AIST rencananya akan mulai menjualnya pada 2011 dengan harga sekira USD323 ribu. (ugo)

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2010/09/17/56/373141/robot-hrp-4-bakal-gantikan-pekerja-pabrik
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  7 Inovasi Transportasi Manusia di Masa Depan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*