Woww… Australia Punya Aplikasi Ponsel untuk Melawan Kanker?

Australia memiliki peringkat tertinggi penderita kanker kulit di dunia, lebih dari 1.850 orang yang meninggal karenanya, lebih banyak dari jumlah orang yang tewas karena kecelakaan di jalanan. Dua dari tiga orang Australia didiagnosa terkena penyakit kanker kulit pada usia 70 tahun.

“Kami menemukan bahwa banyak orang yang menggunakan temperatur dan cuaca untuk memprediksi kapan mereka membutuhkan perlindungan sinar matahari, tapi sebenarnya masalahnya justru adalah sinar ultraviolet (UV) itu sendiri,” ujar Sue Heward manajer SunSmart Manager di Cancer Council. Demikian seperti yang dikutip dari Reuters, Sabtu (27/11/2010).

Untuk menghadapi hal ini, Cancer Council mengembangkan aplikasi gratis yang menyediakan ramalan cuaca harian, termasuk prediksi tingkat sinar UV maksimal.

Aplikasi tersebut memiliki fungsi peringatan dan menggunakan global positioning systems (GPS) untuk secara otomatis mengatur lokasi dari pengguna, bisa menunjukkan waktu kapan perlindungan sinar matahari dibutuhkan sebagaimana peringatan otomatis UV dan fitur lainnya.

Aplikasi SunSmart kini sudah tersedia untuk diunduh secara gratis.

Cancer Council sebelumnya juga telah memberikan widget UV Alert kepada organisasi-organisasi seperti klab olah raga. (okezone.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*