Wujudkan Profesionalisme ; Polres P. Sidimpuan Gelar Pelatihan Fungsi Terpadu

Dalam upaya mewujudkan personil kepolisian yang modern, profesional, patuh hukum dan dipercaya masyarakat, Polres Padangsidimpuan menggelar pelatihan fungsi terpadu di Tor Simarsayang, Sabtu (19/2).

Acara diawali apel yang dipimpin Kapolres P. Sidimpuan AKBP Andi Syahriful Taufik S.IK, M.Si dan dilanjutkan penyematan tanda pelatihan kepada tiga wakil peserta pelatihan.

Dalam amanatnya, Kapolres P. Sidimpuan AKBP Andi Syahriful Taufik meminta seluruh personil dapat disiplin dalam mengikuti pelatihan fungsi terpadu, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Ikuti seluruh pelatihan dengan disiplin agar terhindar dari sesuatu yang merugikan diri sendiri, “imbuhnya.

Dikatakan, latihan fungsi terpadu ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan personil menuju aparat yang profesional dan dicintai masyarakat.

Selain itu, melanjutkan sasaran target program kedua Polri yaitu menciptakan personil yang professional dan mahir dibidangnya.

“Semoga pelatihan ini nantinya dapat menghasilkan aparatur Polri yang profesional dan diidam- idamkan masyarakat, “ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kompol Darfin Purba melaporkan, dasar digelarnya pelatihan ini yaitu, UU No 2002 tentang kepolisian NKRI, Keputusan Kapolri No Pol /Kep/14/XII/1993 tanggal 13 Des 1993 tentang penyempurnaan pokok-pokok organisasi dan prosedur beserta daftar susunan personil dan perlengkapan badan-badan pada tingkat kewilayahannya.

Selanjutnya, peraturan Kapolri Nomor 23 tahun 2010 tentang susunan organisasi dan tata kerja tingkat kepolisian resort dan sector serta rencana kerja Polres P. Sidimpuan tahun anggaran 2011.

Baca Juga :  Pemkab Palas terima Rp30,8 M dari BPHTB PTPN IV Sosa

Dijelaskan, peserta pelatihan fungsi terpadu ini berjumlah 115 orang dengan rincian, staf Bagops Bagsumda, Bagren dan Ba Polres P. Sidimpuan 5 orang. Sat Intelkam 5, Satreskrim 23, Satnarkoba 3, Satlantas 27, Satsabhara 3 , Polsek Batunadua 10 dan Polsek Hutaimbaru 10 orang.

Pelatihan dilaksanakan dua hari kerja, dimulai tanggal 17 Februari 2011 bertempat di aula dan halaman Mapolres P. Sidimpuan serta tanggal 19 bertempat di tor simarsayang dan kolam renang Siharang Karang.

Terpisah, Kasat Reskrim Kota P. Sidimpuan AKP Fahrizal S.IK mengatakan, latihan fungsi terpadu di tor simarsayang ini dimulai sejak pukul 07.30 WIB dengan mengambil start di halaman gedung rektorat Universitas Graha Nusantara (UGN) dan berakhir (Finish) dikolam renang siharang karang sekitar pukul 17.00 WIB.

Untuk jenis dan daerah persiapan pelaksanaan permainan kelompok dalam latihan terpadu ini kata Kasat adalah Bakia, perahu darat, menggiring bola menggunakan bambu serta latihan menembak memakai revolver.

Selanjutnya, pada pos 1 dilakukan latihan beladiri, borgol dan tongkat, pos 2 olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) tindak pidana area gantung diri. Pos 3 olah TKP Laka Lantas, Pos 4 latihan pengamanan dan penggambaran dan terakhir pos 5 penggerebekan.

“Setelah melaksanakan seluruh rangkai latihan terpadu di tor simasyang seluruh personil akan bergerak menuju kolam renang siharang karang, untuk melakukan konsolidasi dan penutupan, ” ujarnya Farizal. (hih) (analisadaily.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Anggaran Aek Latong Banyak Terbuang

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*