Yisrael, Manusia Tertua Setelah Mbah Gotho Sragen

Caption : Yisrael Kristal (Dailymail.co.uk)
Caption : Yisrael Kristal (Dailymail.co.uk)

Indonesia memercayai Saparman Sodimejo alias Mbah Gotho asal Sragen sebagai manusia tertua di dunia dengan usia 146 tahun. Namun berdasarkan catatan Guinness World Records, manusia tertua di dunia adalah Yisrael Kristal.

Belum setua Mbah Gotho, Yisrael baru saja memasuki usia 113 tahun. Pria yang kini tinggal di Kota Haifa, Israel itu lahir di Polandia pada 15 September 1903 atau tepat tepat tiga bulan sebelum pesawat terbang pertama di dunia buatan Wright Brothers mengudara.

Dikutip Solopos.com dari laman Dailymail, Jumat (16/9/2016), Yisrael semasa kecil tinggal tidak jauh dari kompleks Istana Kerajaan Bohemia milik Kaisar Austria Franz Joseph I. Meski begitu bukan berarti kehidupan Yisrael dipenuhi kenangan manis.

Pada masa Perang Dunia (PD) I, ibunya meninggal karena sakit. Sedangkan ayahnya diculik tentara Rusia dan tidak pernah kembali hingga sekarang. Menginjak usia 17 tahun, Yisrael yang menganggap dirinya sudah yatim piatu memutuskan kembali ke kampung kelahirannya.

Di sana ia diterima bekerja di pabrik permen hingga akhirnya menikahi seorang wanita dan membangun rumah tangga. Sayangnya kisah manis Yisrael juga seperti permen yang tidak bertahan lama. Pada 1940, tentara Nazi di bawah pimpian Adolf Hitler menginvasi wilayahnya.

Yisrael bersama keluarga kecilnya dibawa ke kamp konsentrasi kaum Yahudi di Auschwitz, Jerman. Istri dan dua anaknya dibunuh, namun ia berhasil hidup sampai pembebasan oleh Rusia pada 1945. Yisrael mengalami depresi berat, berat badannya hanya 37 kilogram pada waktu itu.

Baca Juga :  Hoegeng Imam Santoso

Pada 1950, Yisrael pindah ke Israel dan memulai hidup baru bersama istri keduanya hingga sekarang. Meski telah melewati teror di masa lalu, menurutnya kehidupan kala itu masih lebih ringan ketimbang saat ini.


Solopos.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 2 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*