Yopie: Pemindahan Ibukota Tapsel ke Sipirok Mendesak

www.analisadaily.com

Oh Sipirok - ku

Pembina DPP Naposo Nauli Bulung Napa Napa ni Sibualbuali Sipirok (NNBS), Drs Yopie S Batubara meminta Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) untuk merealisasikan UU No37 dan 38 Tahun 2007

terutama tentang pemindahan Ibukota Kabupaten Tapsel ke Sipirok yang sangat mendesak.

“Kita meminta bupati setempat untuk segera melaksanakan amanat undang-undang tersebut karena pemindahan Ibukota Tapsel ke Sipirok hingga saat ini dinilai berlarut-larut “, kata Yopie kepada wartawan di Medan, Jumat (6/11).

Mantan anggota DPD-RI ini menjelaskan sebelumnya pihak DPP NNBS telah menyampaikan hal itu kepada Ketua DPRD Sumut H Saleh Bangun, bahwa Sipirok merupakan daerah yang memiliki sejarah kuat dalam perkembangan Tapsel.

Ini ditandai banyaknya tokoh nasional berasal Sipirok merupakan pihak yang berperan sebagai stimulasi dalam pembangunan daerah tersebut termasuk pemekaran di wilayah Tapsel yang dimulai sejak 1992.

Ketika itu sebut Yopie yang akan dimekarkan Mandailing Natal, Padangsidimpuan dan Angkola Sipirok. Namun seiring perjalanan waktu dan perkembangan politis pada 2007, justru yang dimekarkan Padang Lawas dan Padang Lawas Utara.

“Angkola Sipirok tetap menjadi Kabupaten Tapsel dengan Ibukota sekaligus Pusat Pemerintahan berada di Kota Sipirok. Bahkan pada waktu itu opsi tersebut merupakan pilihan Bupati Tapsel Ongku P Hasibuan. Tapi kenapa sekarang pemindahan ibukota Tapsel ke Sipirok belum terlaksana seperti yang dituangkan dalam undang-undang tadi”, tanya Yopie.

Baca Juga :  Lagi, Isu Mutasi ‘Hantui’ Pejabat Pemko Padangsidimpuan

Ketua DPP NNBS,Faisal Reza Pardede serta tokoh masyarakat setempat lainnya Prof Moenaf Regar dan dr Arifin S Siregar,SpKK di depan Ketua DPRD, kata Yopie juga menyampaikan hal senada.Intinya meminta Bupati Tapsel segera merealisasikan UU No 37 dan 38.

Keseriusan

“Sudah seyogianya pemindahan Ibukota Kabupaten Tapsel ke Sipirok dilaksaksana segera mungkin dengan penuh keseriusan oleh bupati setempat”, pinta mantan Ketua Umum Kadin Sumatera Utara ini.

Menanggapi pemindahan ibukota Tapsel yang berlarut-larut itu menurut Yopie, Ketua DPRD Sumut H Saleh Bangun didampingi Wakil Ketua Chaidir Ritonga dan Ketua Komisi A M Nuh saat menerima delegasi NNBS beberapa waktu lalu berjanji akan membicarakan aspirasi masyarakat daerah itu dengan Bupati Tapsel. (bay)

PostLink: https://apakabarsidimpuan.com/2009/11/yopie-pemindahan-ibukota-tapsel-ke-sipirok-mendesak/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*