Zulkarnain Diberi Gelar Raja Parlaungan

Himpunan Dalihan Natolu Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal (Hidatama) Simalungun menganugerahkan gelar Raja Parlaungan kepada Drs HT Zulkarnain Damanik MM, yang menjabat Bupati Simalungun. Penganugerahan tersebut sebagai ungkapan terima kasih mereka atas kepedulian dan kerja nyata Zulkarnain dalam menciptakan kerukunan antar masyarakat Simalungun yang heterogen. Mereka pun siap mendukung dan mendoakan agar Zulkarnain bisa terpilih kembali menjadi ‘Sangnawaluh’ di tanahnya sendiri.

5740851a96fa6d804cb85a4b69faffe43e1a6f7 Zulkarnain Diberi Gelar Raja Parlaungan
MANORTOR- Bupati Simalungun Drs T Zulkarnain Damanik (Raja Parlaungan) manortor bersama pengurus Hidatama Simalungun di Perdagangan, Sabtu (24/7).

Acara pemberian gelar tersebut merupakan rangkaian pengukuhan pengurus Hidatama Simalungun dan kecamatan se-Simalungun, yang dilaksanakan di Balai Karya Murni, Perdagangan, Kecamatan Bandar, Sabtu (24/7).

Acara penganugerahan diawali penyambutan terhadap Zulkarnain. Selanjutnya pengurus Hidatama menyerahkan bulang sebagai tanda diangkatnya Zulkarnain sebagai Raja Parlaungan, yang merupakan gelar adat tertinggi kebesaran raja-raja di Tapsel- Madina.

Selanjutnya, pengurus Hidatama menyerahkan kepala kerbau kepada Zulkarnain sebagai rangkaian adat penambalan nama.

Dalam sambutannya, Zulkarnain menyambut baik berdirinya organisasi yang menaungi warga perantau dari Tapanuli Selatan-Mandailing Natal. Zulkarnain berjanji akan terus mendukung kegiatan positif organisasi tersebut, dan mengharapkan pengurus Hidatama bisa bersama-sama mewujudkan peningkatan kesejahteraan ekonomi warga.

“Sangat disesalkan bila warga Hidatama yang jauh-jauh merantau ke Simalungun, tetapi tak dapat meningkatkan taraf kehidupan menuju ekonomi yang lebih sejahtera,” katanya.

Pengukuhan Pengurus

Pada acara tersebut, dewan pendiri mengukuhkan Abu Sofyan Siregar sebagai Ketua DPD Hidatama Simalungun masa bakti 2010-2015. Sementara Sabarudin Ritonga maupun Wahidin Nasution dipercaya sebagai sekretaris dan bendahara.

Baca Juga :  Pembangunan TPA Baru Di Kota Padangsidimpuan, Prioritas 2012

Dalam kesempatan tersebut, panitia acara yang diketuai HM Ali Damri Pulungan SAg juga melantik pengurus DPC Hidatama kecamatan se-Kabupaten Simalungun, yang ditandai penyerahan Surat Keputusan (SK) dan pataka. Acara pun dirangkai peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1431 Hijriah.

Acara pelantikan dihadiri ribuan warga Hidatama, Camat Bandar Drs HM Ismail P Sinaga MSi ,Kapolsek Perdagangan AKP P Panjaitan, pengurus Pujakesuma, IKEIS, serta KNPI, unsur Pemuda Pancasila, dan BKPRMI mewakili organisasi kepemudaan Kecamatan Bandar.

Abu Sofyan mengimbau agar seluruh warga Hidatama tidak melupakan sejarah kebudayaan asal nenek moyang.

Katanya lagi, sebuah organisasi akan kuat apabila anggotanya mau menaati semua aturan serta peraturan yang tertuang dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (ART).

“Semoga Hidatama kelak tetap menjadi sebuah organisasi yang eksis dan turut berperan dalam membangun di tengah-tengah masyarakat Simalungun,” sebutnya.

Sumber: http://metrosiantar.com/Berita_Foto/Zulkarnain_Diberi_Gelar_Raja_Parlaungan

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*